Mon04192021

Last update03:59:51 PM GMT

alt

Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution perayaan Hari Ulang Tahun ke-50 Yayasan Kalam Kudus

Medan (PP)

            Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution,Msi menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun ke-50 Yayasan Sekolah Kristen Kalam kudus Kota Medan, Kamis ( 23/8) di Selecta Convention Hall Jl Listrik Medan.

             Di awal sambutannya, Wakil Walikota, mengatakan Pemerintah Kota Medan mengucapkan selamat kepada yayasan Sekolah Kristen Kalam Kudus Kota Medan yang saat ini memasuki usia ke-50 tahun.

              Wakil, berharap Yayasan Sekolah Kristen Kalam Kudus ini dapat melahirkan siswa/i yang cerdas, bertaqwa dan kreatifitas sehingga kedepannya dapat meningkatkan pembangunan mutu pendidikan di kota Medan.

               Jangan biarkan anak didik kita sampai terjerumus kepada hal-hal negatif, mari kita bina dan tanamkan karakter  terutama tentang bahaya penggunaan narkoba. Pembinaan dan bimbingan kepada siswa siswi teris ditingkatkan sehingga nantinya dapat mencetak putra putri bangsa yang berkualitas, berprestasi dan kompetitif,” ujar Wakil.

             Selain itu kata Wakil, berterima kasih kepada Yayasan Sekolah Kristen Kalam Kudus, terutama kepada pengurus Yayasan atas kerja keras dan peranannya dalam membangun generasi muda yang religius dan cerdas.  Ini merupakan sumbangsihnya kepada pemerintah kota Medan dalam membangun bidang pendidikan.

             Ke depannya diharapkan Perguruan yayasan Swasta ini harus terpacu dan menjadi lebih baik, hal itu akan dapat diraih dengan kerja keras,  serta sinergitas yang harmonis disetiap elemen masyarakat termasuk dalam sekolah Kristen Kalam Kudus itu sendiri.

             Sebelumnya ketua panitia Feri Yuwandi, sangat apresiasi atas kehadiran Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution selaku mewakili pemerintah daerah kota Medan, dengan kehadirannya dapat memberikan spirit belajar  bagi siswa- siswi di sekolah ini,” harapnya.

            Hadir dalam perayaan HUT Sekolah Kristen kalam kudus ini antara lain, anggota DPD RI Parlindungan Purba, Ketua Yayasan Kalam Kudus Indonesia  Pusat Soni Rumuy, ketua Kalam Kudus Indonesia Kota Medan Feri Yuwandi, para kepala-kepala sekolah dan  guru-guru serta wali murid. ( Y H )

 
 
 
 

WALI KOTA TURUNKAN TIM PASTIKAN HEWAN KURBAN LAYAK DIKONSUMSI

Medan (  PP )

         Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Medan memastikan hewan-hewan yang akan di kurbankan pada Hari Raya Idul Adha 1439 H, Rabu (22/8) mendatang layak baik dari segi kesehatan maupun sesuai dengan ketentuan syariat Islam. 

          Hal ini telah diteliti oleh Tim pemeriksa kelayakan hewan kurban yang sengaja diturunkan oleh  Wali Kota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S. M.Si untuk memberikan kepastian bahwa hewan-hewan tersebut layak untuk dikurbankan dan dikonsumsi oleh masyarakat. Tim ini nantinya akan terus turun pada jam kerja ke tempat penampungan hewan kurban yang ada di Kota Medan.

          Tim pemeriksa yang dipimpin langsung oleh Kepala  Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Medan Ikhsar Marbun bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara beberapa waktu lalu, mengecek kelayakan hewan di sejumlah tempat penampungan hewan kurban diantaranya di Kecamatan Medan Polonia, Kecamatan  Medan Johor, Kecamatan Medan Selayang dan akan terus dilaksanakan pengecekan di kecamatan-kecamatan lainnya yang terdapat tempat penampungan hewan kurban hingga Hari Raya Idul Adha mendatang.

          Dikatakan Wali Kota, pengecekan ini diharapkan dapat menjamin kualitas hewan kurban yang nantinya beredar dan dikonsumsi oleh warga Medan pada Perayaan Hari Raya Idul Adha 1439 H, Rabu mendatang. Tercatat hingga Minggu (19/8) hewan yang akan dikurbankan   mencapai 8433 ekor dengan perincian 6399 ekor lembu dan 2043 ekor kambing dan kemungkinan akan terus bertambah. Mengingat begitu besarnya jumlah peredaran daging kurban nantinya, Wali Kota ingin memastikan masyarakat mendapatkan daging yang layak konsumsi dan menyehatkan.

           “Kita menginginkan masyarakat dapat menikmati hewan kurban yang sehat dan berkualitas serta sesuai dengan syariat Islam baik  saat pemilihannya hingga ketika disembelih dan dikonsumsi nantinya”. Ujar Wali Kota.

           Ada beberapa kriteria kelayakan tersebut, tambah Wali Kota, yakni dilihat dari kecukupan umur, berat badan dan kondisi fisik yang tegap  dan tidak cacat. Hewan yang telah lulus pengecekan akan diberi tanda “S” dan diberikan surat keterangan kelayakan dari Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Medan.

           “Alhamdulillah, sampai hari ini menurut laporan tim yang turun melalui Kadis Pertanian dan Kelautan Kota Medan, menyatakan kondisi hewan-hewan kurban tersebut layak untuk dikurbankan dan dikonsumsi”. Jelas Wali Kota.

           Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Medan Ikhsar Marbun, saat meninjau dan mengecek bersama tim mengatakan, jika ada hewan yang ternyata tidak layak atau yang tidak sesuai syarat menjadi hewan kurban menurut syariat Islam maka Distanla Kota Medan tidak akan mengeluarkan surat keterangan kelayakan kurban, dan melarang pedangan menjual hewan tersebut untuk kepentingan ibadah ku

WALI KOTA MEDAN : KOMUNITAS TAMAN AHMAD YANI MENJADI DAYA TARIK BAGI WARGA MEDAN DALAM MENYALURKAN HOBI

Medan (  PP )

           Taman-taman di Kota Medan memang diperuntukkan bagi masyarakat kota yang hendak melaksanakan kegiatan seperti berolahraga, perayaan-perayaan, pertunjukan kesenian, bahkan pengajian,  dan berbagai kegiatan positif lainnya. 

           Hal ini disampaikan Wali Kota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S. M.Si saat menghadiri acara Syukuran Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 dan senam bersama yang diselenggarakan oleh Komunitas Olahraga Taman Ahmad Yani, Sabtu (25/8) di Taman Ahmad Yani Jalan Jendral Sudirman, Medan.

          Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke 73 sekaligus merangsang warga Medan untuk mau berolahraga dan melaksanakan kegiatannya di Taman Ahmad Yani ini. 

          “Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang pagi ini kita laksanakan, selain membangkitkan rasa nasionalisme didalam jiwa perayaan HUT Kemerdekaan RI seperti ini merupakan wujud syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kemerdekaan yang kita rasakan bersama hingga hari ini”. Ujar Wali Kota Medan didampingi Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Sumatera Utara sekaligus Ketua TP. PKK Kota Medan Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH.

          Kegiatan seperti ini juga, jelas Wali Kota, menjadi ajang silaturrahmi antar sesama  komunitas yang sering melakukan kegiatan bersama di Taman Ahmad  Yani ini, dan juga kegiatan ini dapat menyemarakkan taman-taman yang ada di Kota Medan.

          Dikatakan Wali Kota, Ada 5 komunitas aktif yang selalu melaksanakan kegiatan disini, baik yang bergerak dibidang olahraga seperti Senam Jantung Sehat, fotografi, dan lain sebagainya. Tentunya hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Taman Ahmad Yani. 

          “Komunitas-komunitas ini menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Medan yang ingin bergabung dan menyalurkan hobinya disini, yang nantinya menjadi daya tarik juga bagi Taman ini untuk dikunjungi”. Ujar Wali Kota.

          Fasilitas yang ada di taman-taman Kota Medan, tambah Wali Kota, khususnya Taman Ahmad Yani sudah cukup baik, disini sudah ada Musholla yang dapat dipergunakan oleh warga yang ingin menjalankan ibadah dan beberapa fasilitas alat olahraga.

          Sebelum mengakhiri sambutannya, Wali Kota, menyampaikan rasa terima kasih kepada Komunitas Taman Ahmad Yani dan juga warga Medan yang sering melaksanakan aktifitas di taman ini, karena telah menjaga seluruh fasilitas serta kebersihan taman selama berkegiatan disini.

          Semoga Taman Ahmad Yani ini juga menjadi pusat kegiatan yang positif bagi warga Medan dan menjadi wahana bertemu dan bersilaturrahmi yang baik ke depannya.

          Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 yang juga dihadiri oleh Kacab. Bank Sumut Cabang Medan Julian Helmi, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, H.M. Husni, Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan Zulfahri Ahmadi dan Kabag Humas Setda Kota Medan Rasyid Ridho Nasution ini semakin meriah dengan diselenggarakannya berbagai perlombaan yang diawali dengan senam bersama dan berbagai lomba diantaranya lomba makan kerupuk, lomba bakiak, lomba membawa kelereng dengan sendok dan lain sebagainya. 

          Turut pula mengikuti perlombaan Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Sumut Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH semakin menambah semangat para peserta mengikuti berbagai perlombaan. (RF)

 
 
 
 

Walikota Medan : 8433 Ekor Hewan Kurban di Medan akan disembelih

Medan (PP)

                Pemerintah Kota Medan akan menyembelih 55 ekor lembu pada hari Raya Idul Adha 1439 H, Rabu 22 Agustus 2018. Hewan kurban itu akan disembelih di 21 Kecamatan Se- Kota Medan. Selanjutnya daging kurban tersebut akan disalurkan kepada warga, terutama yang berasal dari keluarga kurang mampu.

                Demikian hal ini disampaikan Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S ,MSI diwakili Kepala Inspektorat, Farid Wajedi didampingi Kabag Agama, Adlan SPd, ketika memimpin Rapat Persiapan Idul Adha 1439 H dan Penyembelihan hewan kurban di Ruang Rapat III, Kantor Wali Kota, Senin (20/08). Rapat ini dihadiri seluruh Pimpinan OPD dan Camat se Kota Medan.

                Dikatakan Farid, keseluruhan hewan kurban ini merupakan hasil kurban Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi beserta keluarga dan Wakil Wali Kota Ir.H. Akhyar Nasution, MSI beserta Keluarga dan pejabat di lingkungan Pemko Medan. Penyembelihan ini akan dilaksanakan usai Shalat Idul Adha.

                "Hewan kurban akan didistribusikan masing - masing Kecamatan, nantinya pihak Kecamatan yang akan membagikan daging kurban tersebut kepada warga yang berhak. Bapak Wali Kota berpesan agar semangat berbagi ini terus kita pelihara dan tingkatkan dalam rangka meningkatkan kepedulian terhadap sesama,” katanya.

                Dijelaskan Farid,  untuk Kota Medan sendiri berdasarkan data yang diperoleh, sampai dengan Minggu (19/08)  total jumlah hewan kurban sebanyak 8433 ekor dengan perincian 6399 ekor Sapi / Lembu dan  2034 ekor kambing. Jumlah ini kemungkinan akan terus bertambah sampai dengan hari pelaksanaan kurban.

                 Dijelaskan Farid, untuk Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1439 H akan dilaksanakan di Lapangan Merdeka pada pukul 07.00 Wib. Penceramah dalam Shalat Idul Adha adalah Dr.H Zulheddi LC, MA yang merupakan Dosen UIN Sumatera Utara. Sedangkan imam dalam pelaksanaan Shalat Idul Adha, H Muhammad Syafii, yang merupakan Qori Sumatera Utara.

                 "Pada malam Idul Adha, (Selasa Malam) Pemko Medan juga akan menggelar kegiatan Takbiran dengan pemukulan bedug yang digelar di Depan Halaman Kantor Wali Kota. Dalam  Malam Takbiran tersebut Wali Kota Medan ,Wakil Wali Kota Medan dan Sejumlah Unsur Forkominda Kota Medan akan hadir" jelasnya. ( Y H )

 
 
 
 

WALIKOTA MEDAN RESMIKAN GOR UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

Medan ( PP )

             Pemerintah Kota Medan mengapresiasi dan berterima kasih kepada Universitas Prima Indonesia karena telah menghadirkan Gedung Olahraga (GOR) yang sangat representatif guna mendukung mewujudkan Kota Medan sebagai Kota Atlet ke depannya. Hal ini disampaikan Wali Kota Medan Drs. H. T. Dzulmi Elson,S. M.Si dalam peresmian GOR Universitas Prima Indonesia (UNPRI) di Jalan Danau Singkarak Gang Mandrasah, Kecamatan Medan Helvetia, Jum’at (6/7).

             Pada sambutannya Walikota juga menyampaikan bahwa, perwujudan Medan sebagai Kota Atlet harus didukung oleh seluruh stake holder dan masyarakat secara luas dan UNPRI telah menyatakan dukungannya melalui berdirinya GOR ini. Untuk itu, Wali Kota juga berharap GOR ini dapat dimanfaatkan seluas-luas untuk perkembangan olahraga baik ditinggkat pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum.

             “Perwujudan Kota Medan sebagai Kota Atlet tentunya tidak terlepas dari memasyarakatkan olahraga itu sendiri, artinya Kota Atlet tidak hanya menjadikan Medan sebagai basis atlet melainkan menjadikan seluruh warga Medan berolahraga dan mencintai olahraga”. Ujar Wali Kota.

             Hal ini sesuai dengan motto Mensana Incorpore Sano, didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa kuat, Wali Kota menginginkan seluruh masyarakat Kota Medan memiliki prinsip yang sama agar dapat terus berkontribusi terhadap pembangunan Kota Medan.

             Selain peresmian GOR, Wali Kota pada kesempatan ini juga membuka kegiatan Liga Mahasiawa Bola Basket Regional Sumatera yang diikuti sebanyak 7 tim basket tingkat mahasiswa. Wali Kota juga memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh tim yang akan bertanding, Ia mengatakan kalah dan menang bukan tujuan utama melainkan melatih jiwa sportif dan menjalin persaudaraan antara sesama peserta adalah yang utama. Pembukaan Liga Mahasiswa ini ditandai dengan Wali Kota Medan melakukan Jump Start.

             Kegiatan ini dihadiri juga oleh Ketua Pembina Universitas Prima Indonesia, Dr. dr. Inyoman EL, M. Kes, Rektor Universitas Prima Indonesia Dr. Chris Mis Novalinda, M.Kes, Perwakilan Perbasi Sumatera Utara Wakil Ketua Umum I Iwan Hartono Alam, General Manager Liga Mahasiswa Rida Ahmad, Kabag Tapem Setda Kota Medan, Camat Medan Barat, seluruh peserta dan undangan. (RF)

 
 
 
 
 

Menteri Kesehatan dan Wali Kota Medan Hadiri Perayaan Puncak HUT ke 90 RSUD DR Pirngadi

Medan (PP)

           Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Anfasa Moeloek, Sp.M dan Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S, MSI menghadiri Perayaan Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke - 90 RSUD DR Pirngadi Medan, Senin (13/08) di halaman RSUD DR Pirngadi.

           Perayaan Puncak ini ditandai pemukulan gong yang dilanjutkan dengan pemotongan Nasi Tumpeng oleh Menteri Kesehatan dan Wali Kota Medan kemudian diserahkan kepada Dirut RSUD DR Pirngadi, Dr Suryadi Panjaitan dan jajaran Direksi.

           Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Anfasa Moeloek Sp.M , dalam sambutannya mengatakan saat ini Indonesia memasuki masa globalisasi dengan pembangunan dari segala sektor, termasuk bidang kesehatan. Diakui masyarakat masih merasakan pelayanan kesehatan yang belum maksimal, untuk itu hal ini menjadi tantangan kita kedepannya.

           "Rumah Sakit merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang harus dituntut mampu menghadapi era globalisasi. Di tahun 2019 kita akan mencanangkan Universal Health Coverage. Artinya tatanan pelayanan akan dirubah khususnya di rumah Sakit", kata Menkes.

           Menurut Menkes, rumah sakit sangat memiliki peran yang penting dalam pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan upaya pengembangan sebagai rumah sakit rujukan. Artinya RSUD DR. Pirngadi sebagai salah satu rumah sakit rujukan di Sumatera Utara harus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

           Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S MSI dalam sambutannya mengatakan banyak yang telah dicapai sebagai keberhasilan dalam menjalankan program rumah sakit, walaupun masih terdapat kekurangan dalam pelayanan kepada Masyarakat. Untuk itu di Ulaht ke 90 ini diharapkan RSUD DR Pirngadi dapat meningkatkan pelayanan kesehatan, sehingga masyarakat mendapatkan jaminan kesehatan yang prima dan baik.

           "Usia ke - 90 merupakan usaha yang cukup dewasa, diharapkan RSUD DR Pirngadi dapat terus berkembang. Perlu diketahui saat ini Pemko Medan telah mengadakan perjanjian dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KBPU) dalam rangka pengembangan pembangunan RSUD DR Pirngadi" kata Wali Kota.

           Selanjutnya Menkes dan Wali Kota Medan bersama Dirut RSUD DR Pirngadimeninjau stand pameran yang untuk serta dalam acara perayaan HUT RSUD DR Pirngadi Medan. Salah satunya yang ditinjau adalah stand Milik TP PKK Kota Medan. ( Y H ) 

 
 
 
 

Wali Kota Medan Hadiri Rapat Koordinasi Pelaksanaan MTQN XXVII 2018

Medan (PP)

             Wali Kota Medan, Drs. H.T Dzulmi Eldin S,M.Si yang dihadiri Wakil Wali Kota Medan, Ir.H.Akhyar Nasution,M.Si menghadiri rapat koordinasi pelaksanaan MTQ Nasional ke XXVII tahun 2018, di Kantor Gubenur Sumatera Utara, Selasa (3/7).

             Rapat Koordinasi ini di pimpin langsung oleh Pj Gubenur Sumatera Utara, Drs. Eko Subowo,MBA.

             Dalam kesempatan itu, Eko Subowo, mengajak seluruh perangkat yang ada di provinsi maupun daerah untuk mensukseskan pelaksanaan MTQN ini dengan cara bekerja secara sungguh-sungguh dan penuh dengan ke ikhlasan.

             "Kunci suksesnya acara ini ialah koordinasi dari kita semua, karena itu mari kita bekerja sama dengan sungguh-sungguh dan ikhlas demi suksesnya acara ini."kata Eko Subowo.

             Dari hasil rapat tersebut dijelaskan bahwa pelaksanaan MTQN ke XXVI akan digelar mulai tanggal 4 s/d 13 Oktober 2018. Sementara untuk pembukaannya akan diadakan pada tanggal 6 Oktober 2018 bertempat di arena Utama (sport center area) jalan Williem Iskandar Medan Estate.

             Sementara itu, Wakil Wali Kota Medan mengatakan akan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan dalam pelaksanaan MTQN ini.

             "Kami akan bertangung jawab atas tugas yang diberikan kepada kami, dan kami siap untuk mensukseskan MTQN ini demi nama baik Kota Medan dan Sumatera Utara."ujar Wakil Wali Kota. ( Y H )

WALIKOTA SERAHKAN ALAT PERLENGKAPAN SISKAMLING

Medan ( PP )

 

               Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi menyerahkan alat perlengkapan  Sistem Keamanan Lingkungan ( siskamling) kepada M  Fadil Pulungan selaku Kepala Siskamling Cendana Lingkungan  II

Keluarahan    Perintis Kemerdekaan Kecamatan Medan Timur, Minggu ( 12/8) di Jalan Cendana Medan.

Hal ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada seluruh kepala lingkungan maupun warga masyarakat Kota Medan untuk bekerja sama dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan. Adapun alat perlengkapan Siskamling yang diserahkan berupa pentungan, senter dan jas hujan untuk melaksanakan Siskamling.

                Wali Kota berharap dengan diserahkannya alat perlengkapan Siskamling ini, semakin memberikan semangat bagi petugas jaga dalam melaksanakan tugasnya dan lebih memperhatikan keamanan lingkungan tempat ia bertugas.

                 “Setelah memperoleh alat perlengkapan siskamling ini saya berharap poskamling khususnya di Cendana lingkungan II ini dapat terus aktif, dan lingkungannya semakin aman dan nyaman serta diharapkan juga warga masyarakat juga turut membantu petugas dalam melaksanakan tugasnya, karena keamanan dan kenyamanan lingkungan merupakan buah pekerjaan bersama”. Ujar Wali Kota

Didampingi oleh Kapolrestabes Medan Kombes Pol. Dadang Hartanto, Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution, MSi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Medan, sejumlah Kepala OPD Pemko Medan, dan Camat Medan Timur, Wali Kota Medan menyerahkan alat perlengkapan Siskamling kepada Danru dan dua orang perwakilan petugas Siskamling secara langsung.

                 Penyerahan alat perlengkapan Siskamling dilakaanakan disela-sela kegiatan Sepeda santai dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun yang ke 90 Tahun RSUD. Pirngadi Medan. Saat bersepeda bersama Forkopimda, Wakil Wali Kota Medan dan sejumlah OPD di Lingkungan Pemko Medan, Wali Kota Medan menyempatkan diri berbelok ke Jalan Cendana Lingkungan II Kelurahan Perintis Kecamatan Medan Timur guna menyerahkan alat perlengkapan Siskamling ini. (YH/RF)

Walikota Medan Hadiri Carnaval Fashion Show

Medan

              Kolaborasi Fashion Batik Medan dan Jember Fashion Carnaval (JFC) pukau ribuan pengunjung yang hadir menyaksikan Fashion Busana Carnaval yang merupakan rangkaian acara dari Colorful Medan Carnival, yang dipusatkan di jalan Pulau Penang, Minggu (1/7).

               Masyarakat dan wisatawan yang hadir dari dalam dan luar negeri tampak antusias menyaksikan parade fashion yang pertama kalinya diselenggarakan di Kota Medan dalam rangka memeriahkan Hut Kota Medan ke 428 tahun.

               Parade Fashion Busana Carnaval ini turut pula disaksikan oleh Wali Kota Medan, Drs.H.T Dzulmi Eldin S,M.Si, Ketua TP PKK Kota Medan, Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin,SH, Wakil Wali Kota Medan, Ir.H.Akhyar Nasution,M.Si, pimpinan OPD dan Camat sekota Medan.

              Selain menampilkan busana koleksi dari Jember Fashion Carnaval (JFC) karya Dynand Fariz, dalam parade fashion ini juga menampilkan busana batik Medan karya Ketua TP PKK Kota Medan, Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin,SH dan Fashion Busana Karnaval dari Kota Medan.

               Tidak hanya itu saja, parade fashion karnaval ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan tarian multi etnis, reog, sigale-gale, dan lompat batu.

               Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Medan mengucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara atas prakarsanya melaksanakan fashion busana karnaval ini, sebagai bagian dari dukungan terhadap Pemko Medan dalam membangun pariwisata dan kebudayaan di Kota Medan. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

              Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S, M.Si mengatakan kegiatan Colorful Medan Carnival Fashion Show ini merupakan bagian dari upaya menyemarakkan Hari Jadi Kota Medan ke -428 Tahun yang tepat jatuh pada hari ini tanggal 1 Juli 2018. Artinya kegiatan yang sangat positif ini dengan menampilkan ribuan kostum yang unik dengan mengedepankan kearifan lokal dari tiap - tiap daerah. Apalagi Kegiatan ini menghadirkan Jember Fashion Carnaval yang telah dikenal sebagai event Internasional.

               Selanjutnya Wali Kota berharap kegiatan Fashion Busana Carnaval ini dapat membawa manfaat positif bagi kita semua, terutama dalam menanamkan kesadaran masyarakat agar mengetahui akan keanekaragaman budaya di seluruh Indonesia, sebab keberagaman budaya kita adalah sebuah kekuatan sekaligus keunggulan dibandingkan dengan negara lainnya.

               "Melalui Kegiatan Colorful Medan Carnaval, Fashion Show ini dapat menarik minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk datang ke Kota Medan, sehingga Kota ini dapat semakin dikenal dan dapat bersaing dengan kota - kota lainnya", kata Wali Kota.

                 Wali Kota juga mengucapkan terima kasih kepada Pihak Jember Fashion Carnaval (JFC) yang telah ikut berpartisipasi dalam Colorful Medan Carnaval ini. Tentunya keikutsertaan JFC semakin menambah kemeriahan HUT Kota Medan ke -428 tahun.

               Kemudian Wali Kota berpesan, di Usia ke 428 tahun Kota Medan terus berkembang menjadi kota metropolitan yang bersaing dengan kota lainnya. Selain itu Pembangunan juga terus dilakukan Pemerintah Kota. Oleh sebab itu diperlukan seluruh dukungan elemen masyarakat untuk menjaga kota ini karena Medan Rumah Kita bersama.

                Kedepanya, Wali Kota Medan berharap agar event event seperti ini dapat diketahui oleh masyarakat luas maupun daerah lain sebagai bentuk promosi pariwisata dan kebudayaan kota Medan.(Y H )

 

 
 

Wali Kota Medan Terima Audiensi dari Komunitas Harley Davidson HDCI Sumut

Medan (PP)

           Wali Kota Medan, Drs. H.T Dzulmi Eldin S,M.Si menerima audiensi dari komunitas Harley Davidson HDCI Sumut, di Rumah Dinas Wali Kota Medan, Rabu (8/8).

           Audiensi ini dalam rangka mengundang Wali Kota Medan dan mengharapkan dukunganya dalam acara Indonesia International Bikers Gathering.

            Seperti yang dijelaskan, Faisal Nasution selaku Ketua IMI Sumut didampingi Ketua HDCI Medan Dinel, ketua harian Xtrim Medan Gultom dan sejumlah panitia, mengatakan komunitas Harley Davidson HDCI Sumut bekerjasama dengan Xtrim Sumut akan menggelar Indonesia International Bikers Gathering. Event ini rencananya akan diadakan pada tanggal 30 November s/d 2 Desember 2018 bertempat di Lapangan Benteng Medan. Selama penyelenggaran nantinya akan ada ribuan bikers yang turun ke kota Medan, dan akan melakukan touring dengan mengambil rute jalan pedesaan.

           "sepanjang jalan pedesaan tersebut nantinya kita akan melakukan penghijauan dengan menanam pohon mangga dengan harapan kedepanya buah mangga tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat."jelas Faisal.

           Selain itu, para bikers yang mengikuti event ini nantinya akan disuguhi dengan hiburan kesenian dan kuliner khas Kota Medan sehingga para peserta yang berasal dari luar Kota Medan dan wisatawan yang menyaksikan event ini dapat mengenal lebih jauh kesenian dan kuliner khas kota Medan.

           Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Medan, Drs.H.T Dzulmi Eldin S,M.Si didampingi oleh sejumlah pimpinan OPD diantaranya Asisten Administrasi Umum, Ikhwan Habibi Daulay,SH.M.Hum, Kepala Dinas Kebudayaan, Suherman,SH, Kepala Dinas Pariwisata, Drs. Agus Suriyono, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Marah Husin Lubis,SH, cukup mengpresiasi dan mendukung atas kegiatan Indonesia Internasional Bikers Gathering yang bersifat Internasional ini dipusatkan kegiatannya di lota Medan.

            Walikota berpesan kepada panitia penyelenggara agar event ini dikemas semenarik mungkin sehingga mampu mengundang minat wisatawan untuk datang ke kota Medan.

             "Event seperti ini harus dimanfaatkan untuk menarik minat wisatawan  berkunjunga ke kota medan."pesan Wali Kota. ( Y H )

 
 
 

Band asal Ibu Kota Meriahkan Malam Colorful Medan Carnaval 2018

Medan (PP)

                Band Asal Ibu Kota, Setia Band memeriahkan Malam Colorful Medan Carnaval di Lapangan Merdeka, Sabtu (30/06). Lagu - lagu terkenal band yang digawangi Vocalis Carli mampu menghibur Ribuan Warga Medan yang datang untuk melihat aksi panggung Band tersebut dalam acara Colorful Medan Carnaval yang merupakan rangkaian kegiatan HUT Kota Medan ke -428 tahun

                 Pada Penampilan Band Ibu asal Jakarta tersebut hadir Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S,MSI diwakili Wakil Wali Kota Medan Ir.H Akhyar Nasution, MSI, Unsur Forkominda diantaranya Dandim 0201/BS Letkol Inf Yuda Rismansyah, Pimpinan OPD Kota Medan dan Camat se-Kota Medan serta Tokoh Masyarakat. Acara yang dimulai pukul 20.00 Wib langsung bergemuruh setelah vokalis Setia Band mengucapkan salam kepada Ribuan penonton yang terdiri dari kaum muda, tua bahkan anak-anak. Carli juga menyapa Wakil Wali Kota dan mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke - 428 Untuk Kota Medan.

                Selain Penampilan Setia Band, Malam Colorful Medan Carnaval juga diisi Pagelaran Budaya dan Tarian Tradisional serta penampilan Band Lokal Kota Medan. Ribuan Warga yang hadir tampak terhibur dengan rangkaian acara dalam acara tersebut.

                    Dikatakan Wakil Wali Kota, Penampilan Panggung Band Ibu Kota ini merupakan rangkaian Colorful Medan Carnaval dalam rangka HUT Kota Medan ke -428 Tahun yang jatuh pada 1 Juli 2018. Selain malam ini juga telah digelar Warna - Warni Kerajinan Medan Expo 2018 di Sun Plaza Medan. 

                    "Colorful Medan Carnaval juga akan digelar Besok Minggu (01/07) dijalan Pulau Pinang dengan menampilkan Fashion Batik Medan dan Busan Carnaval dari Jember Fashion. Untuk itu Mari seluruh Warga Medan mengikuti setiap Kegiatan yang memeriahkan HUT Kota Medan ke -428 tahun ini", kata Wakil Wali Kota.

                    Kemudian dijelaskan Wakil Wali Kota, Medan Great Sale juga akan memeriahkan ulang tahun ibu Kota Provinsi Sumatera Utara ini, artinya mulai tanggal 1 sampai 8 Juli, akan ada potongan harga serba angka 428, baik itu Destinasi Wisata, Hotel, Restoran, Hiburan, Fashion Outlet dan Bengkel Mobil maupun Motor.

                     "Seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Kota Medan ini merupakan persembahan Pemerintah Kota Medan untuk Warganya. Artinya di hari penuh sejarah ini Seluruh warga dapat merasakannya karena Medan Rumah Kita", jelas Akhyar. ( Y H )

 
 
 
2

Wali Kota Hadiri Pembukaan Festival Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang

Medan (PP)

            Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si menghadiri Pembukaan Festival Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang, Sabtu (4/8) di Medan Club.

             Peringatan yang  tahun ini mengambil tema "Perkuat Kemitraan Regional Indonesia Jepang-Indonesia Menuju Penciptaan Ecosociety  di Medan dan Sekitarnya". Tampak pula hadir dalam acara ini Konsulat Jenderal Jepang, Takeshi Ishii, Anggota DPD RI, Parlindungan Purba, Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Noval Mahyar, SH, Wali Kota Tebingtinggi, Ir. H. Umar Zunaidi, MM, Irwasda Poldasu, Kombes. Pol. Drs. Lilik Arga Tajana, M.Si, Ketua AOTS Sumut, Khairul Mahali, Wakil Rektor 4 USU, Prof. Dr. Ir. Bustami Syam, M.Si, dan Ketua Medan Japan Club Prof. Hiroomi Homma.

            Wali Kota menyebutkan, tema yang dipilih dalam Peringatan ini sangat erat dengan isu lingkungan hidup, yaitu tentang masyarakat berwawasan lingkungan.

            "Tentu masih banyak cara untuk menjaga kelestarian alam, namun upaya ini harus dilakukan secara terintegrasi dengan semua pihak, terutama masyarakat," ujar Wali Kota seraya menambahkan, masyarakat merupakan kunci keberhasilan dalam menjaga lingkungan tetap lestari.

           Harus diakui, lanjut Wali Kota, bangsa Indonesia bisa belajar dari bangsa Jepang tentang cara yang bisa ditempuh untuk membangun tetapi tetap memperhatikan kelestarian lingkungan hidup.

            Wali Kota menambahkan, memang tidak mudah untuk menjaga kelestarian alam. Seluruh pihak harus secara sadar menjaganya. Antara lain dengan tidak membuang sampah sembarangan, mengurangi penggunaan sampah plastik,  mencari bahan kimia ramah lingkungan, menanam pepohonan, serta sedari dini mengajarkan generasi muda akan pentingnya air bagi kehidupan.

            Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kepala Medan Japan Club, Hiroomi Homma, memaparkan, Indonesia dan Jepang telah membuka hubungan diplomatik sejak 1958 dan kedua negara merayakan pembukaan hubungan diplomatik itu setiap sepuluh tahun. Tahun ini perayaan itu diadakan di berbagai tempat di Indonesia.

             Di Medan, lanjutnya, Konsulat Jepang di Medan dan Medan Japan Club melaksanakan peringatan ini dengan tujuan untuk memperkuat hubungan kemitraan internasional kedaerahan di Medan dan wilayah sekitarnya. ( Y H )

 
 
 

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 

Wali Kota Medan Ajak Umat Buddha Menjaga Kebhinekaan Dalam Bingkai Kebersamaan

Medan (PP)

            Peringatan Dharmasanti Waisak 2562 BE/2018 ini merupakan kesempatan untuk menitik beratkan pentingnya menjaga kebhinekaan dalam bingkai kebersamaan. Untuk Itulah Wali Kota Medan, Drs.H.T Dzulmi Eldin S,M.Si mengajak seluruh umat Buddha yang ada di Kota Medan untuk turut menjaga 

             Kebhinekaan yang saat ini sedang di uji ketahanannya sebagai akibat berbagai peristiwa politik yang ada di tanah air.

             Hal ini disampaikan Wali Kota Medan saat menghadiri peringatan Dharmasanti Waisak 2562 BE/2018, di Gedung Uniland Medan, Jum'at (29/6) malam.

             "Saya ingin kita semua menjaga kerukunan hidup umat beragama dan hubungan kekeluargaan di Kota Medan yang sudah terbina dengan baik, agar tetap terjaga secara harmonis dan jangan sampai terkoyak."kata Wali Kota.

             Di moment hari Dharmasanti Waisak ini, Wali Kota juga mengingatkan kepada seluruh umat Buddha yang ada di kota Medan untuk terus mengembangkan hati buddha dan cinta kasih dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi Kota Medan terkenal sebagai kota Multikultural yang menjadi semacam cerminan Indonesia mini, sehingga menjaga situasi kondusif di tengah keberagaman masyarakatnya adalah hal yang harus terus diupayakan oleh berbagai elemen yang ada di kota ini.

              "Tentunya kita harapkan di masa kini dan mendatang situasi kota Medan akan terus terjaga dengan kondusif, untuk itu mari kita jadikan kota Medan sebagai kota yang bisa menjadi contoh kehidupan kota metropolitan multikultural yang aman, damai dan tentram."harap Wali Kota Medan.

              Sebelumnya Ketua Walubi Medan, Earnus chen selaku penyelenggara kegiatan mengatakan acara ini terselenggara berkat kerjasama antara Pemko Medan dengan Walubi Kota Medan, untuk itulah dirinya mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota Medan karena setiap tahunya menyelenggarakan peringatan waisak ini.

              Dalam kesempatan ini juga, Wali Kota Medan menerima penghargaan dari Ketua Walubi Kota Medan, Earnus Chen sebagai bentuk apresiasi dan ungkapan rasa terimakasih atas kepedulian Wali Kota kepada umat buddha yang ada di Kota Medan.

              Peringatan Hari Dharmasanti Waisak 2562 BE/2018 ini turut dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Brilian Moktar,SE.MM, Wakil Ketua DPRD Kota Medan, H.Iswanda Nanda Ramli,SE, Anggota DPRD Kota Medan Hasyim,SE dan Wong Cun Sen Tarigan,.M.Pd.B, Ketua Walubi Provinsi Sumatera Utara, DR.Indra Wahidin, Penyelenggara Bimas Buddha Kemenag Kota Medan, Burhan,S.Ag,M.Si, dan Ketua Inti Kota Medan, Janlie,SE.AK. (YH )

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 

Wali Kota Medan Gelar Jamuan Makan Malam Peserta Sidang Pleno AFEBI XV

Medan (PP)

              Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S S, MSI menggelar Jamuan makan malam Peserta Sidang Pleno Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (AFEBI) ke XV di Pendopo Rumah Dinas, Jalan Sudirman, Jumat (03/08). Selain meningkatkan silaturahmi, Jamuan Makan malam yang dihadiri Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis, MSI ini sebagai ungkapan selamat datang kepada para Peserta Sidang Pleno AFEBI ke Kota Medan.

              Jamuan Makan Malam ini dihadiri, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Konjen Republik Indonesia di Washington DC, Amerika Serikat, Poppy Rufaida, PhD, Ketua Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Ekonomi dan Bisnis, Dr. Suharmono, MSI, Perwakilan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kadis Pendidikan Kota Medan, Drs.Hasan Basri dan Pimpinan OPD serta peserta Sidang Pleno AFEBI XV.

              Dikatakan Wali Kota dalam sambutan yang dibacakan Sekda, pelaksanaan Sidang Pleno AFEBI XV yang telah digelar hari ini sejak pagi tadi merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi apik berbagai pihak, utamanya dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara (FEB USU) sebagai tuan rumah penyelenggaraan.

              Menurut Sekda , walaupun kegiatan ini hanya melibatkan Delegasi  Dekanat dari berbagai Fakultas Ekonomi dan Bisnis, fenomena terkini menunjukkan bahwa makin banyak penelitian lintas disiplin ilmu dilaksanakan. Artinya kerjasama lintas disiplin ini makin menunjukkan bahwa baik eksakta maupun non eksata masing - masing punya kelebihan dan kekurangan.

               "Dengan Kolaborasi akan didapatkan hasil yang maksimal untuk membangun Indonesia. Artinya Pembangunan yang berbasis hasil penelitian tentunya akan membuahkan hasil yang jauh lebih baik menuju Indonesia yang lebih siap bersaing di kancah Global", kata Sekda.

               Kemudian Sekda menjelaskan, bahwa Pemko Medan menjalin kemitraan dengan FEB USU dalam menjadikan kota Medan sebagai Kota Metropolitan yang berdaya saing, humanis, multikultural, religius, bersahabat dan nyaman untuk dihuni oleh seluruh warganya.

                Selanjutnya, Sekda mengucapkan Selamat datang kepada Para Peserta Sidang Pleno AFEBI XV di Kota Medan. Semoga para peserta dapat menikmati destinasi wisata kota Medan yang dikenal dengan kuliner yang enak. "Selamat datang ke Kota Medan dan menikmati destinasi wisata di kota ini", ujar Sekda.

                Ketua Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr Suharmono mengucapkan terimakasih atas jamuan makan malam yang digelar Wali Kota kepada Peserta Sidang Pleno AFEBI XV. Selama di Kota Medan kami merasa senang karena Medan memiliki destinasi wisata yang baik terutama kulinernya.

               "Saya dan peserta sidang pleno AFEBI merasa terhormat dijamu makan malam oleh Wali Kota Medan. Untuk itu kami ucapkan terima kasih. Kami merasa senang berada di kota ini, apalagi dengan kulinernya salah satunya durian Medan", ungkapnya ( Y H )

 
 
 
 

Wali Kota Buka Workshop Kekuatan Promosi Wisata

Medan, (PP)

              Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si diwakili Sekda Ir. H. Syaiful Bahri Lubis membuka workshop kepariwisataan, Sabtu (30/6) di Hotel Santika Dyandra.

              Workshop itu bertajuk "Meningkatkan Potensi Daerah sebagai Kekuatan Promosi Pariwisata. Bertindak sebagai narasumber Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, Hj. Wan Hidayati, serta Presiden Jember Fashion Carnival, Dynan Fariz.

               Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda, Wali Kota mengatakan, tahun 2017 lalu Pemko Medan telah melaksanakan sosialisasi branding "Colorful Medan" dari Kementerian Pariwisata.

               "Colorful !edan adalah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan keberagaman warna kehidupan warga kota yang dibangun Guru Patimpus ini," ungkapnya.

               Wali Kota berharap Dinas Pariwisata Medan mampu mengejawantahkan branding Colorful Medan ini dalam setiap program kerja guna makin mendukung sektor pariwisata untuk memacu pertumbuhan ekonomi tanah air.

                Wali Kota juga menyampaikan  banyaknya ragam suku, etnis, kuliner, budaya, sejarah, keindahan alam, dan berbagai hal ini merupakan potensi yang bisa digali oleh organisasi perangkat daerah untuk berbagai program yang kental dengan ciri khas Sumut.

                "Potensi lain yang masih bisa digali adalah berbagai gedung peninggalan Belanda yang sebagian masih bertahan. Arsitekturnya pun cukup menarik, karena memadukan budaya Indonesia dengan budaya Belanda," ujar Wali Kota dalam

                workshop yang dikuti perwakilan dari dinas pariwisata se-Sumut ini. ( Y H )

 
 
 

Wali Kota Medan Terima Kunjungan Delegasi Kota Putian Negara Tiongkok

Medan (PP)

                 Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S, MSI menerima Delegasi Kota Putian Negara Tiongkok di Rumah Dinas Wali Kota, Jalan Sudirman, Rabu (01/08). Kehadiran Delegasi Kota Putian ini selain bersilaturahmi juga untuk menjajaki kerja sama antara Kota Medan dan Kota Putian di bidang Pendidikan dan Pariwisata.

                 Rombongan Delegasi  yang dipimpin Wakil Sekretaris Daerah Kota Putian, Xie Jenbing didampingi Wakil Ketua Urusan Luar Negeri, Xue Zhiyuan dan Kepala Kepariwisataan Kota Putian, Huang Homin serta Kepala Pendidikan Kota Putian, He Lixian menjelaskan bahwa kedatangannya ke ibu Kota Provinsi Sumatera Utara ini sebagai kunjungan balasan sebab pada tahun 2016 Pejabat Kota Medan melakukan kunjungan ke Kota Putian.

                 "Dalam kunjungan ini kami berkeinginan untuk melanjutkan penjajakan kerja sama antara Kota Putian dan Kota Medan di bidang Pendidikan dan Pariwisata. Sebab kami menilai kedua bidang ini di masing - masing kota memiliki potensi sehingga bila dikerjasamakan maka akan berdampak baik bagi kedua Kota", jelasnya.

                 Menurut Xie Jenbing, Kota Medan merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan telah banyak bekerja sama dengan kota - kota di negara lain, tentu kami melihat potensi ini dan berkeinginan bekerja sama untuk membangun kedua Kota.

                 "Kerja sama ini nantinya akan kita wujudkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) yang akan ditandai oleh masing - masing Wali Kota. Untuk itu kami mengundang Bapak Wali Kota Medan untuk datang ke Kota Putian guna melihat kota kami sekaligus melakukan penandatanganan MoU kerjasama", jelasnya.

                 Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S, MSI, didampingi Asisten Umum Ikhwan Habibi Daulay dan Kadis Sosial, Endar Sutan Lubis, menyambut baik kehadiran Delegasi Kota Putian Negara Tiongkok. Terlebih kunjungan ini untuk menjajaki kerja sama diantara kedua Kota. Saat ini, dijelaskan Wali Kota, Medan telah menjalin kerja sama dengan kota - kota di negara lain, bentuk kerjasama ini kami jadikan sebagai Sister City, dimana kerja sama telah terjalin di segala bidang.

                 "Pemerintah Kota Medan menyambut baik Kerja sama ini, akan tetapi sebelum melakukan MoU sebaiknya Kota Putin harus memahami dan menyamakan Visi dan Misi Kota Medan dengan Kota Putian begitu juga sebaliknya. Hal ini perlu dilakukan sebab merupakan landasan dasar kerjasama. Artinya jika visi misi  sudah selaras, maka kerjasama diantara kedua Kota akan berjalan lancar", kata Wali Kota.

                 Selanjutnya Wali Kota Medan meminta Delegasi Kota Putian dapat menjajaki kerja sama ini dengan Stakeholder yang terkait. Diharapkan kerjasama ini akan meningkatkan pembangunan dan berdampak baik di kedua Kota. Pertemuan ini ditutup dengan pemberian cenderamata oleh Wali Kota Medan kepada Wakil Sekda Kota Putian. ( Y H )

 
 
 
 
 

WALIKOTA BUKA KERAJINAN MEDAN EXPO 2018

Medan (PP)

          Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S, MSI membuka secara resmi Warna - Warni Kerajinan Medan Expo 2018 di Atrium Sun Plaza Medan, Jumat (29/06). Pameran Hasil Kerajinan yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Medan ke -428 tahun ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 29 Juni sampai 1 Juli 2018.

           Pembukaan Warni - Warni Kerajinan Medan Expo 2018 ditandai pemukulan gendang Melayu oleh Wali Kota Medan, Ketua Dekranasda Kota Medan Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH, Ketua Bhayangkari Cabang Kota Medan, Fitri Dadang Hartanto, Ketua Bhayangkari Cabang Pelabuhan Belawan, Henny,  Ketua IKA DPRD Medan Mega Sinambela, Wakil Ketua Persit Cabang II Kodim 0201/BS Gusti Bagus Putu, dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu, Hj Purnama Dewi,MM.

           Berbagai Produk hasil Kerajinan dari 21 Kecamatan sebagai  Kota Medan dipamerkan dalam Warna - Warni Expo 2018 ini, salah satunya produk kerajinan Batik Medan dan Songket Medan yang telah dikenal dimasyarakat. Diharapkan kegiatan ini lebih memperkenalkan dan mempromosikan hasil produk kerajinan dari pengrajin di kota Medan kepada masyarakat baik lokal maupun dari mancanegara.

            Wali Kota Medan, dalam sambutannya mengatakan Warna - warni Kerajinan Expo 2018 merupakan wujud Apresiasi Bagi para pengrajin yang tersebar di 21 Kecamatan di Kota Medan untuk menampilkan hasil karya terbaiknya. Beliau berharap event ini mampu menjembatani kreatifitas pengrajin agar dapat bersaing dengan produk lainnya dan menjadi salah satu ikon produk kerajinan unggulan di Indonesia.

             "Saya anggap Warna -Warni Kerajinan Medan Expo 2018 ini sangat penting dalam membangun perekonomian daerah, khusunya UMKM.  Sebab kerajinan keterampilan tangan yang dikombinasikan dengan semangat kecintaan terhadap karya seni, tentuny menghasilkan karya yang bermutu dengan nilai jualnya di Pasaran", kata Wali Kota.

             Menurut Wali Kota, dalam hal mempromosikan dan mendukung pemasaran Produk Kerajinan, para pengrajin memerlukan dukungan Pemerintah untuk bisa memasuki pasar Nasional maupun Internasional. Selain itu dalam mendorong dan membantu menghidupkan Industri Kerajinan diperlukan dukungan masyarakat dalam bentuk cinta akan produk kerajinan daerah sendiri.

"Mari kita bersama-sama mensukseskan kegiatan ini, agar memberikan hasil dan manfaat bagi perekonomian khususnya untuk Kota Medan. Selain itu event ini diharapkan menjadi agenda rutin guna memacu pertumbuhan dan pengembangan usaha kerajinan di Kota Medan ", jelas Wali Kota

             Ketua Dekranasda Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH mengatakan kegiatan Warna - Warni Kerajinan Medan Expo 2018 merupakan hasil kerja sama Dinas Penanaman Modal dan Pelayan Terpadu Satu Pintu dengan Dekranasda Kota Medan yang bertujuan untuk mempromosikan dan menggali potensi dan peluang usaha di bidang ekonomi kreatif yaitu kerajinan daerah, dimana pada pengrajin - pengrajin merupakan binaan Dekranasda Kota Medan.

              "Dalam mempromosikan hasil kerajinan daerah diperlukan Sinergitas antara Pemko Medan dan Dekranasda Kota Medan. Apalagi Kerajinan yang dihasilkan Pengrajin kota Medan memiliki ciri khas dan kualitas, seperti Batik Medan dan Songket Medan, Ciri khas Kota Medan dituangkan dengan indah dan ornamen yang memiliki makna dan fungsi tersendiri bagi masyarakat" jelas Ketua Dekranasda.

              Event Warni - Warni Kerajinan Medan Expo 2018 diisi juga dengan pagelaran Fashion Show Batik Medan dan Songket Medan serta Fashion Modifikasi Etnik. Para Peserta fashion show berasal dari Galeri Maharani, Dekranasda, Ibu Pimpinan OPD dan Ibu Forkominda serta Ibu Ketua TP PKK Kecamatan. Kemeriahan Fashion show ini bertambah disaat Ketua Dekranasda Kota Medan memberikan buket bunga kepada para peserta fashion show.

              Selanjutnya Wali Kota Medan dan Ketua Dekranasda Kota Medan meninjau Stand Pameran yang mengikuti Warna- Warni Kerajinan Medan Expo 2018, salah satu stand yang dikunjungi adalah pengrajin Seni Lukis dari Bahan Kopi dan Pengrajin Bros dari batu.( H )

WALI KOTA MEDAN : PPID HARUS MAMPU MENYEDIAKAN INFORMASI KEPADA PUBLIK

Medan PP

               Di era keterbukaan informasi ini, masyarakat menjadi lebih aktif dan ikut mengawasi jalannya penyelenggaraan pemerintahan. Inilah yang menjadi dasar Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi harus mampu menyediakan informasi yang diminta masyarakat.

               Hal ini dikatakan Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekda, Ir. H. Syaiful Bahri Lubis saat membuka Sosialisasi dan Pelatihan Admin Pejabat Pengelola  Informasi dan Dokumentasi (PPID) Tahun 2018 yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika Medan, Rabu (1/8) di Hotel Santika Dyandra.

               Wali Kota memaparkan, sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 13 Undang-undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Pasal 7

Permendagri No. 35 Tahun 2010, pemeritah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota wajib menetapkan PPID melalui surat keputusan kepala daerah. Salah satu tugas PPID adalah menyediakan informasi.

                “ Dalam pelaksanaan PPID diwajibkan untuk mengklasifikasi dan mengelompokkan informasi, menyimpan, mengolah, dan menyajikannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku”. Ujar Sekda yang membacakan sambutan Wali Kota di hadapan  pimpinan organisasi perangkat daerah, camat, sekretaris camat, dan admin PPID di lingkungan Pemko Medan.

                Di sisi lain, sambung Wali Kota, admin PPID harus memahami tupoksi sebagai penyedia informasi yang akurat dan terpercaya  bagi masyarakat, sehingga ke depan PPID dapat mewujudkan dan menyukseskan kepemerintahan yang baik.

                "Dengan adanya PPID diharapkan implementasi Undang-undang Keterbukaan Publik dapat berjalan efektif dan hak-hak publik terhadap informasi yang berkualitas secara nyata dapat terpenuhi," ujar Wali Kota.

                 Di akhir sambutannya,Wali Kota menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan Pelatihan yang bertemakan "Penguatan PPID di Lingkungan Pemko Medan" ini.  Dia juga mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang memberikan transformasi pengetahuan.

                "Sedangkan kepada para peserta saya harapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. Bila ada yang belum paham, jangan segan bertanya, tentu dengan cara yang santun," pesan Wali Kota.

                Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Medan, Zain Noval, SSTP, MAP kegiatan ini diselenggarakan dilatari pemikiran bahwa selain merupakan kebutuhan pokok setiap orang untuk pengembangan diri dan sosial, informasi juga bagian penting ketahanan nasional.

                Keterbukaan informasi publik  lanjut Zain Noval, adalah salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat dan bertujuan mewujudkan good governance.

                Zain Noval juga menyampaikan, bertujuan menguatkan kelembagaan dan peran PPID di Badan Publik dalam melakukan pelayanan informasi publik bagi masyarakat sesuai amanah UU No. 14 Tahun 2008.

                Dia menambahkan, keterbukaan informasi memberikan keuntungan bagi masyarakat maupun badan publik. Keterbukaan memberi peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan peran dalam penyelenggaraan negara. Sedangkan bagi badan publik memberikan peluang untuk meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi sebagai good governance.

                 Sosialisasi dan pelatihan berlangsung selama dua hari,  mulai 1 sampai 2 Agustus 2018. Hari pertama diikuti para pimpinan organisasi perangkat daerah dan hari kedua khusus untuk admin PPID di lingkungan Pemko Medan.

                 Bertindak sebagai narasumber  Wakil Ketua Komisi Informasi Sumut, Drs. Robinson, dan Iwan Sutani Siregar, Kasi Layanan Informasi Publik Kominfo Sumut. (RF)

 
 
 
 
 

Wali Kota Medan Sematkan Songket Medan kepada Dandim 0201/ BS

Medan (PP)

             Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S, MSI bersama Wakil Wali Kota Medan Ir.H Akhyar Nasution, MSI, menyematkan Songket Medan dan Topi Tengkuluk Melayu kepada Dandim 0201/ BS yang baru Letkol Inf Yuda Rismansyah. Penyematan yang diberikan sebagai ungkapan selamat datang dan bertugas ini dilakukan Wali Kota pada acara  Lepas Sambut Komandan Kodim 0201/BS Medan di Hotel Santika Dyandra, Senin (25/06).

              Selain menyematkan Kain Songket, di malam dengan suasana haru dan kekeluargaan, Wali Kota dan Wakil Wali Kota juga menyerahkan cenderamata kepada Letkol Inf Bambang Herqutanto Dandim 0201/BS yang lama sebagai ungkapan terima kasih atas dedikasinya untuk Kota Medan dan selamat bertugas di tempat yang baru.

               Dikatakan Wali Kota Medan, Serah Terima Jabatan dalam Organisasi TNI merupakan satu hal yang wajar dilaksanakan. Hal ini berguna untuk menjamin kontinuitas dan terpelihara kesinambungan regenerasi kepemimpinan. Serta tetap mewujudkan suasana kerja yang dinamis didalam tubuh TNI sebagai penjaga Kedaulatan NKRI.

                Selain itu menurut Wali Kota, Pergantian dan alih tugas juga memberikan kesempatan kepada para perwira untuk mendapatkan jabatan yang lingkup  wewenang dan tanggung jawabnya lebih luas. Hal ini dimaksudkan agar para Perwira tersebut memiliki pengalaman baru dalam mengembangkan daya kreativitas dan daya inovasi untuk meningkatkan kesiapan satuan dalam mendukung tugas TNI.

                "Rotasi jabatan dalam tubuh Militer bermanfaat dalam rangka penyegaran dan pembenahan internal TNI. Hari ini kita melihat pergantian Komandan Kodim 0201/BS dari Letkol Inf Bambang Herqutanto kepada Letkol Inf Yuda Rismansyah, keduanya sama - sama telah dan akan mengemban tugas yang tidak mudah yaitu mengamankan dan mempertahankan NKRI" kata Wali Kota.

                 Selanjutnya, atas Nama Pemko Medan, Wali Kota mengucapkan selamat datang dan bertugas kepada Dandim 0201/ BS yang baru Letkol Inf Yuda Rismansyah ke Kota Medan.  Kemudian Wali Kota juga  mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan sselamat bertugas di tempat yang baru kepada Letkol Inf Bambang Herqutanto.

                 "Semangat harus senantiasa melekat dalam jiwa  setiap personel Militer dalam pelaksanaan tugas dimanapun dan kapanpun, bahkan jiwa dan raga rela dikorbankan demi kejayaan dan kesatuan NKRI", ungkap Wali Kota.

                 Seperti diketahui Dandim 0201/BS yang baru Letkol Inf Yuda Rismansyah sebelumnya menjabat sebagai Pabandya-1/Jabkat I Spaban-III/Binkar Spersad. Sedangkan Letkol Inf Bambang Herqutanto akan bertugas sebagai Pamen Ahli Golongan IV, Pusintelad bidang Kontra Intelijen.

                 Malam Lepas Sambut Dandim 0201/BS ini dihadiri Wakil Bupati Deli Serdang, H. Zainuddin Mars, Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli, Sekda Kota Medan Ir.H Syaiful Bahri Lubis, MSI, Forkominda Kota Medan, Ketua MUI Medan Prof Mohd Hatta, Tokoh Agama dan  Tokoh Masyarakat diantaranya Dato Sri Syamsul Arifin dan Drs  Abdillah Ak,MBA, dan seluruh Keluarga besar Kodim 0201/BS. ( Y H )

 
 
 
 

Bawaslu Akan Periksa Walikota Medan..Kadis Pendidikan Jadi Caleg

altMedan (Pelita Pos). Keputusan Hasan Basri maju sebagai calon anggota legislatif melalui partai Nasdem berbuntut panjang. Bagaimana tidak, Hasan Basri telah terbukti terjun ke dunia politik praktis saat masih berstatus aparatur sipil negara (ASN) aktif. Bahkan, sampai sekarang masih menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Medan.

 

Hal itu bertentangan dengan UU ASN No 5/2014 tentang ASN. Di aturan tersebut, ASN dilarang untuk terjun ke dunia politik praktis saat masih aktif.

"Setelah masalah ini muncul ke publik, melalui pemberitaan media massa, kami mulai melakukan kajian," ujar Ketua Bawaslu Medan, Payung Harahap, di Medan, Selasa (28/8/2018).

Bahkan, Payung menyebut pihaknya berencana memanggil Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin untuk mempertanyakan pengawasan yang dilakukan terhadap ASN aktif berpolitik.

"Ada rencana memanggil Wali Kota untuk meminta klarifikasi. Tapi, lihat nanti," sebutnya.

Payung menambahkan, bukan tidak mungkin hasil kajian yang akan mereka lakukan berbuah rekomendasi kepada KPU Medan agar menyatakan Hasan Basri tidak memenuhi syarat (TMS) karena menjadi anggota partai politik saat masih aktif berstatus ASN aktif.

"Sebelum penetapan DCT (daftar calon tetap), kami akan keluarkan rekomendasi kepada KPU Medan, Hasan Basri berpeluang untuk TMS," jelasnya.

Seperti diketahui, berdasarkan daftar calon sementara (DCS) yang diumumkan KPU Medan beberapa waktu lalu, Hasan Basri tercatat sebagai bacaleg dari Partai Nasdem di dapil V dengan nomor urut 2.

"Ya, memang caleg nasdem di dapil V. Kenapa dapil V, karena disana banyak keluarga dan memang besar, tumbuh di daerah itu. Tidak terlalu memaksa, jalani saja," kata Hasan Basri ketika dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

 

 

Wali Kota Hadiri Halal Bi Halal di RS Pirngadi Medan

Medan (PP)

              Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si diwakili Sekda Ir. H. Saiful Bahri Lubis menghadiri acara Halal Bi Halal Idul Fitri 1439 H di lingkungan RSUD Dr. Pirngadi Kota Medan, Sabtu (23/4).

              Dalam kesempatan itu, Sekda menyampaikan halal bi halal ini adalah ajang silaturahmi  sekaligus mempererat kerja sama yang sudah terjalin selama ini.

               Sekda mengatakan, momen ini juga untuk saling memaafkan dan saling memperbaiki kekurangan agar dapat bekerja  dengan baik dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

               "Mari kita saling bergandeng tangan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," ucapnya seraya mengatakan, untuk dapat bekerja dengan baik diperlukan ketulusan dan keikhlasan.

               Sebelumnya Dirut Rumah Sakit Umu Pirngadi Medan Dr.Suryadi Panjaitan, M.Kes mengajak seluruh jajarannya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun RS.Pirngadi yang ke- 90 pada bulan Agustus yang akan datang ini.

               Pada hari baik dan bulan baik ini kami keluarga besar RS Pirngadi mengucapkan selamat hari raya mohon maaf lahir dan batin.

               Khususnya saya peribadi mintak izin dan mintak maaf kepada seluruh karyawan RS.Pirngadi, mari sama sama kita tingkatkan pelayanan Rumah Sakit ini kepada seluruh masyarakat sebagai pengabdian kita sebagai pelayan publik, dan Rumah Sakit Pirngadi ini adalah Rumah Sakit yang tertua di kota Medan harus kita berikan  contoh yang baik. " harap Dirut Pirngadi Suryadi.

                Halal bi halal itu dihadiri segenap pegawai, dokter, maupun  perawat, termasukDirut RS Pirngadi, Dr. Suryadi Panjaitan, M.Kes. ( Y H )

 
 
 
 
 

alt

alt