Mon04192021

Last update03:59:51 PM GMT

alt

TEKNOLOGI

My Republic, Pendatang-baru-yang-menawarkan-layanan-internet-cepat-dan-murah.

 

 

JAKARTA (Pelitapos) – Ini menjadi kabar menyenangkan bagi para pengguna layanan Internet yang umumnya menginginkan paket internet yang cepat dan murah. Selama ini kita mengalami kendala dalam kecepatan internet yang lambat dimana hal tersebut menguji kesabaran. Atau berhadapan pada pilihan membeli paket internet yang cepat tapi harus merogoh kantong lebih dalam.

Sekarang telah hadir pendatang baru yang bernama MyRepublic yang mencoba peruntungannya sebagai penyedia jasa Internet Murah di Indonesia. MyRepublic adalah penyedia jasa layanan internet berbasis kabel fiber. Dan kehadirannya dipastikan akan memicu persaingan sengit antara penyedia jasa internet di Tanah Air.

Sebelum melebarkan sayapnya ke Indonesia, MyRepublic sudah terlebih dahulu hadir sebagai layanan internet di Singapura. Kehadirannya di Singapura membuat heboh karena menawarkan biaya berlangganan internet cepat yang murah. Selain di Singapura, MyRepublic telah hadir di Selandia Baru.

Dikutip dari laman resminya, MyRepublic mengklaim sudah tersedia di sejumlah provinsi di Indonesia, meski baru beberapa kota, terutama DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera Selatan.

MyRepublic telah merilis situs berbahasa Indonesia yang dapat dikunjungi di https://myrepublic.co.id. Untuk paket internet, MyRepublic menawarkan empat paket yaitu Basic (10Mbps – Rp. 199.000 per bulan), Nova (100 Mbps – Rp. 299.000 per bulan), Gamer (150 Mbps – Rp. 399.000 per bulan) dan Supernova (300 Mbps – Rp. 899.000 per bulan).

MyRepublic pada paket Basicnya menawarkan kecepatan download 10Mbps dan kecepatan upload 5 Mbps. Untuk yang sering memutar YouTube atau mengunggah video YouTube kecepatan internet MyRepublic sudah sangat bagus.

Pada keterangan paket bundling (internet dan tv kabel) terdapat keterangan MyRepublic tidak membatasi Bit Torrent. Serta menjanjikan kecepatan maksimal streaming video. Sesuatu yang umumnya dihindari penyedia jasa Internet Indonesia. Langkah berani MyRepublic tampaknya bertujuan untuk menggaet pelanggan sebanyak mungkin.

MyRepublic menjanjikan streaming video tanpa harus mengalami buffering, memberikan waktu downloads lebih cepat serta berbagi file lebih cepat. Dengan kecepatan koneksi hingga 300 Mbps, download file yang besar hanya dalam hitungan menit.

MyRepublic dirancang untuk memberikan kecepatan yang konsisten sepanjang hari untuk kenyamanan pengguna saat melakukan video streaming atau bermain game online. 

6 Kebiasaan yang Bisa Merusak Ponsel

alt

Jakarta,Pelita Pos.Com - Saat ini ponsel menjadi perangkat yang wajib dimiliki setiap orang. Namun masih ada pengguna yang hanya ingin menggunakan ponsel mereka tanpa mau merawatnya. Padahal, jika salah satu komponennya rusak, kinerja ponsel akan menurun.

Jika ingin memanfaatkan kegunaan ponsel secara maksimal, sebaiknya perlakukan perangkat itu dengan baik. Jika ponsel rusak, Anda juga yang akan kerepotan. Berikut langkah umum untuk menjaga ponsel Anda:

1. Tak pernah dimatikan.
Memang sepertinya jarang sekali seseorang mematikan ponsel jika sedang tidak dipakai. Padahal dengan mematikan ponsel secara teratur dapat menjaga ketahanan baterai. Sama seperti manusia, ponsel pun membutuhkan waktu istirahat agar ketahanan komponen di dalamnya terjaga.

2. Membiarkan Wi-Fi dan Bluetooth menyala.
Jika Wi-Fi dan Bluetooth dalam keadaan menyala, ponsel akan terus mencari jaringan yang bisa ditangkap. Hal ini akan menguras baterai lebih banyak. Jangan pernah lupa mematikan keduanya jika sudah tidak dipakai, terutama saat dalam perjalanan. Dengan begitu, baterai ponsel pun akan lebih awet.

3. Digunakan dalam suhu ekstrem.
Normalnya, ponsel digunakan dalam suhu ruangan, 16 hingga 30 derajat Celsius. Jangan pernah menggunakan ponsel dengan suhu ruangan di bawah 0 derajat atau di atas 35 derajat Celsius. Juga jangan biarkan ponsel terpapar sinar matahari secara langsung untuk menghindari peningkatan suhu pada mesin.

4. Dibiarkan mengisi daya semalaman.
Ini merupakan kebiasaan yang paling sering dilakukan. Alasannya: agar baterai tetap penuh ketika akan dipakai keesokan harinya. Padahal, jika dibiarkan semalaman terisi daya, baterai ponsel malah akan bocor dan rusak.

5. Menggunakan pengisi daya tidak resmi.
Pengisi daya resmi memang mahal, tapi bukan Anda bisa aman-aman saja menggunakan merek lainnya. Menggunakan pengisi daya yang tidak resmi dapat dapat merusak ponsel. Meskipun ukuran port-nya sama, voltase yang dibutuhkan setiap ponsel berbeda-beda. Jika terus digunakan akan memunculkan kerusakan dan mungkin saja baterai bisa terbakar.

6. Tidak dibersihkan.
Ponsel adalah sarang kuman. Sebuah penelitian bahkan menemukan bahwa ponsel jauh lebih kotor daripada dudukan toilet atau tempat cuci piring. Bersihkan ponsel secara rutin dengan kain yang lembut. Bila perlu, gunakan sinar ultraviolet untuk membunuh kuman dan mensterilkan ponsel Anda.

RINDU P HESTYA | NEWS.COM.AU

PIN Cantik BBM Bisa Buat Sendiri

alt

(Illustrasi/BlackBerry Messenger Blend)

JAKARTA,(PELITA POS.Com) — BlackBerry baru saja mengumumkan pembaruan untuk peranti lunak BlackBerry Messenger (BBM) buatannya. Hal menarik yang jadi sorotan adalah pengguna BBM versi baru bisa memilih sendiri nomor PIN yang akan digunakan.

Fitur memilih PIN tersebut tidak terbatas pada BBM yang digunakan di perangkat genggam BlackBerry saja. BBM untuk Android dan iOS pun mendapatkan pemutakhiran serupa.

Namun, pembuatan PIN kreasi sendiri itu bukan tanpa syarat. Pengguna bisa membuat PIN pilihan dengan cara membelinya di BBM Shop. Harga yang ditawarkan adalah 1,99 dollar AS per bulan.

Selanjutnya, pengguna juga bisa berlangganan BBM tanpa iklan jika pengguna membayar biaya berlangganan 0,99 dollar AS per bulan.

Senior Vice President BBM Software Development Herman Li melalui keterangan resminya kepada kompasTekno, Senin (2/3/2015), mengatakan, "Pembaruan ini memberi pengguna kontrol untuk lebih menikmati pengalaman menggunakan BBM dengan menambahkan pilihan personalisasi dan privasi baru."

"Dengan penyesuaian dari pembaruan ini, yaitu dengan menggunakan kelebihan dari fitur khusus yang dimiliki platform ini seperti Touch ID di iOS dan dukungan Android Wear, kami dapat meningkatkan keseluruhan pengalaman yang unik dari masing-masing platform," imbuhnya.

Pembaruan peranti lunak BBM juga menghadirkan beberapa fitur lain, yaitu melihat pesan tanpa diketahui oleh pengirim, membuat pesan balasan menggunakan Google Now, dan menerima undangan BBM melalui jam tangan tanpa harus mengakses smartphone.

Pengguna iOS juga bisa memasang sandi pada percakapan di BBM mereka atau menguncinya menggunakan TouchID.

Editor: kmps.Wicak Hidayat

Arti di Balik Nama "Samsung"

alt

Korea,Pelita Pos-Jauh sebelum Samsung menjelma sebagai raksasa teknologi perusahaan tersebut memulai hidup pada 1938 dengan membuat mie dan penjual makanan laut kering.

Kata "Samsung" yang dalam bahasa Korea berarti "tiga bintang" sengaja dipilih oleh sang pendiri, Lee Byung-chull. Dia bercita-cita membangun perusahaannya menjadi besar dan abadi seperti bintang di langit.

Lalu mengapa tiga bintang, bukan dua atau empat? Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (24/2/2015), alasannya adalah  angka "3" di Korea bermakna sebagai simbol atau representasi dari sesuatu yang besar dan berkuasa.

Logo perusahaan Samsung pada awalnya pun menyertakan angka "3" ini secara harfiah berupa gambar tiga bintang.

Nama "Samsung" muncul dalam aksara latin pada 1969, ketika perusahaan asal Negeri Ginseng itu berubah nama menjadi Samsung Electronics dan mulai melebarkan sayap ke bidang elektronik dengan memproduksi tape recorder serta TV hitam putih.

(kmps)

Kamera yang Paling Banyak Menjuarai World Press Photo 2015

alt

Jakarta,Pelita Pos.Co-Ajang bergengsi World Press Photo 2015 telah mengumumkan para pemenang dua pekan lalu. Selain foto dan pemenang, yang menarik perhatian adalah "senjata" apakah yang digunakan para fotografer top dunia ini.
 

Situs fotografi Spanyol, Quesabesde, menganalisis data EXIF dari 45 jepretan kamera yang menang. Ada 38 gambar berisi informasi tentang kamera yang digunakan. Ada tiga merek kamera top yang paling banyak digunakan untuk kontes tahun ini, yaitu Canon, Nikon, dan Olympus. Bahkan, 23 dari 38 foto itu menggunakan kamera Canon.
 

Quesabesde memecah data lebih rinci lagi dengan memisahkan jenis kamera untuk setiap merek. Kamera Canon 5D Mark III adalah kamera yang paling populer digunakan oleh jurnalis foto pemenang World Press Photo, sementara Canon 1D X menduduki posisi kedua. Dalam kontes tahun 2012, Canon 1D Mark IV (pendahulu dari 1D X) adalah yang paling populer, dan Canon 5D Mark II (pendahulu dari 5D Mark III) berada di posisi kedua.



 

Berikut ini daftar kamera yang digunakan fotografer yang paling banyak memenangi penghargaan prestisius tersebut tahun ini.



 

Canon 5D Mark III 11
Canon EOS-1DX 6
Canon 5D Mark II 4
Canon 1Ds Mark II 1
Canon 50D 1
-----------
Nikon D800 1
Nikon D700 1
Nikon D600 1
Nikon D4s 1
NikonD3s 1
Nikon D3X 1
Nikon D3 1
------------
Olympus E-M5 1
Olympus E-M1 1
-------------
Leica M9 1
-------------
Phase One P45+ 1
-------------
Mamiya 7 1
-------------
Hasselblad 500C/M 1
-------------
Ricoh GR 1
-------------
Apple iPhone 1

(pp/anto/tmp)

Telkom Gaet Redtone Malaysia

alt

Jakarta,(Pelita Pos)- PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menggandeng perusahaan asal Malaysia, Redtone International Bhd. Kerja sama dua perusahaan tersebut mencakup bisnis jasa informasi, komunikasi, dan teknologi (information, communication, and technology/ICT) di Indonesia.

Telkom melalui anak usahanya, PT Sigma Cipta Caraka (Telkom Sigma), telah menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Redtone International.

Presiden Direktur Telkom Sigma Judi Achmadi mengungkapkan, untuk tahap awal, kerja sama perseroan akan memanfaatkan pengalaman Redtone di bidang teleradiologi. “Kami akan bekerja sama dengan Redtone untuk mengembangkan jasa yang bernilai tambah, dimulai dengan jasa solusi untuk industri kesehatan,” kata Judi seperti dilansir The Malaysian Insider, Senin (13/4).
Menurut Judi, Indonesia sangat membutuhan pusat teleradiologi untuk menyediakan jasa laporan kesehatan. Pusat informasi tersebut akan mudah diakses dan realtime sharing tentang kualitas pusat kesehatan dan informasi kesehatan di internet. “Kita dapat bekerja sama dengan Redtone di area itu,” tutur dia.

Teleradiologi exchange juga diharapkan dapat membantu rumah sakit di Indonesia dalam hal jasa pengantaran hasil radiologi dan bakal menciptakan biaya rendah untuk pengiriman laporan kesehatan.

Teknologi teleradiologi bakal menanggulangi permasalahan terbatasnya sumber daya manusia (SDM) profesional radiologi dan akan mempersingkat waktu laporan hasil radiologi. Jasa teleradiologi juga bakal memungkinkan departemen radiologi untuk mengembangkan pelayanannya ke daerah pelosok secara efektif dan ekonomis.

Sementara itu, CEO Redtone Lau Bik Soon mengungkapkan, MoU yang ditandatangani Telkom Sigma dan perseroan sesuai dengan rencana perseroan masuk ke pasar Asia Tenggara dan memperkuat bisnisnya di sektor jasa ICT.

“Mengembangkan bisnis jasa bernilai tambah merupakan motor utama penggerak perseroan ke depan. Kami menargetkan kontibusi pendapatan dari sektor tersebut bakal mencapai 30 persen pada tiga hingga empat tahun mendatang,” tutur Lau Bik.

(PP/rel)

9 Alasan iPhone Lebih Menariki dari Ponsel Android

alt

(Istimewa)

Pelita Pos- Jika berniat membeli telepon pintar paling rancak, tentu Anda ingin kondisinya serba keren, bukan?

Jika Anda kesulitan memutuskan pilihan antara iPhone dan Android, berikut beberapa keunggulan iPhone ketimbang telepon seluler yang berbasis sistem operasi Android, seperti yang ditulis Steve Kovach, editor senior kanal teknologi di laman Business Insider, awal Februari 2015.


1. Aplikasi Terbaik

Meski iPhone memiliki ceruk pasar yang lebih kecil, para pengembang masih cenderung memprioritaskan aplikasi terbaik dan pertama untuk iOS, sistem operasi seluler yang saat ini dipakai iPhone.

Boleh jadi Anda dapat menemukan sebagian besar aplikasi populer yang sama pada sistem operasi Android, tapi Android tidak selalu memiliki fitur dan desain yang lebih baik daripada iPhone. Jika Anda peduli tentang aplikasi terbaik pada ponsel Anda, lebih baik pilih iPhone.


2. Sedap Dipandang

Dengan beberapa pengecualian seperti ponsel merek HTC One dan Xiaomi Mi, tidak ada banyak ponsel Android yang tampak hebat di luar sana. Banyak yang berukuran tebal dan cenderung terbuat dari plastik. IPhone secara konsisten memiliki desain yang lebih baik daripada ponsel Android.

3. Sistem Pembayaran Terbaik

Fitur Apple Pay mungkin masih terlalu dini, tapi sampai saat ini Apple satu-satunya perusahaan yang menciptakan platform pembayaran bergerak yang mudah digunakan dan diterima di banyak perusahaan besar. Plus, Apple memiliki dukungan dari sebagian besar perusahaan kartu kredit dan bank utama.


4. Loyal ke Pelanggan

Ke mana Anda pergi jika memiliki masalah dengan ponsel Android Anda? Umumnya Anda lari ke pabrikan asalnya. Tapi pabrikan tidak memiliki dukungan seperti yang Apple sediakan di Apple Store.

Jika ada yang salah dengan iPhone, atau Anda hanya ingin belajar menggunakannya, Apple akan memperlakukan Anda lebih baik ketimbang para pembuat ponsel Android.

Selanjutnya: 5. Mudah Kontrol

Aplikasi perabot pintar Apple bernama HomeKit sepertinya lebih moncer tahun ini sebagai pembuat perangkat gizmo (aplikasi panggilan telepon gratis) baru yang bekerja dengannya.

HomeKit adalah sistem yang akan memungkinkan Anda mengontrol perabotan rumah seperti lampu dan peralatan lainnya melalui iPhone atau iPad. Banyak yang berharap HomeKit diluncurkan akhir tahun ini.


6. Kendali Anak

 

Dengan sistem operasi iOS 8, Apple menambahkan fitur yang disebut Family Sharing sehingga memungkinkan Anda berbagi aplikasi, buku, dan konten lainnya lewat berbagai perangkat dengan anggota keluarga Anda.

Family Sharing juga memungkinkan Anda membatasi aplikasi tertentu jika tidak sesuai dengan bocah-bocah di keluarga Anda.


7. Sensor Sentuh Terbaik

Beberapa produsen ponsel Android seperti Samsung dan HTC mencoba menambahkan sensor sidik jari untuk ponsel mereka, tetapi tidak satupun dari sensor itu yang akurat seperti halnya sensor TouchID pada iPhone.

Beberapa tahun yang lalu, Apple membeli sebuah perusahaan bernama AuthenTec yang membuat sensor sidik jari terbaik untuk perangkat seluler. Tidak ada perusahaan lain telah mampu mengalahkan TouchID sejak itu.


8. Kamera Canggih

Beberapa ponsel Android memiliki kamera sebagus yang ada di iPhone 6, salah satunya Samsung Galaxy Note 4.

Kamera IPhone 6 bisa menjepret obyek foto lebih besar dan mencakup fitur bagus seperti kemampuan menjepret slow-motion (obyek bergerak pelan) dan merekam video dengan efek time-lapse. Efek ini dibikin lewatsekumpulan foto yang diambil dengan periode beraturan, lantas disusun menjadi klip video pendek.

Ada juga rumor yang mengatakan model iPhone berikutnya akan memiliki kamera dengan kemampuan seperti DSLR, yang biasanya dipakai oleh fotografer profesional.



9. Selalu Up to Date

Google merilis versi baru sistem operasi Android sekitar setahun sekali. Kebijakan ini tidak dilakukan oleh Apple untuk sistem operasi iOS. Tetapi banyak pengguna Android tidak bisa mendapatkan perangkat lunak terbaru kecuali mereka membeli ponsel yang baru juga. Ini disebabkan para produsen Android dan operator sering tidak mendukung versi Android terbaru sampai beberapa bulan setelah Google merilisnya.

Namun, IPhone berbeda. Semua model iPhone yang beredar saat ini bisa mendapatkan update sistem terbaru iOS segera setelah perangkat ini tersedia di pasar.

(BOBBY CHANDRA/tmp)

 

Kapal Pesiar Terbesar Sejagat Ini

alt

(Istimewa/kompas)

Medan,(Pelita Pos)– Royal Caribbean telah meresmikan rancangan terbaru kapal pesiar terbesar di dunia yang mempunyai berat kotor sekitar 227.000 ton.

Raksasa dengan 16 dek, kapal ini disebut Harmony of the Seas, di mana akan mempunyai ruang untuk tamu sebanyak 5.479 kabin dari haluan hingga ke buritan. Allure of the Seas dan Oasis of the Seas, saat ini berbagi gelar kapal pesiar terbesar di dunia dengan berat kotor masing-masing setiap kapal yaitu 225.282 ton.

Menurut Royal Caribbean, untuk membangun kapal ini dibutuhkan biaya sebesar 1,35 miliar dollar AS dan dijadwalkan untuk melakukan pelayaran perdananya pada bulan April 2016. Kapal mewah ini akan dilengkapi tiga wahana seluncur air, robot bartender (yang juga dapat ditemui di kapal terbaru, Quantum of the Seas), dan komedi putar yang dibuat secara tradisional.

Tempat untuk kuliner akan memiliki dua konsep, Izumi Hibachi & Sushi dan Sabor Modern Mexican, dan Starbucks. Pihak kapal pesiar mengklaim bahwa di tempat kuliner ini juga akan memiliki koneksi internet tercepat di laut.
The Telegraph Travel Bagian dalam Kapal Pesiar Harmony.

Seperti, dua kapal lain di kelasnya, Harmony akan dibagi menjadi tujuh “area” yaitu Central Park, Royal Promenade, Boardwalk, kolam renang dan area olahraga, Vitality (spa dan fitnes), tempat hiburan, dan zona remaja. Zona tersebut diharapkan dapat berbagi dengan fitur umum lainnya di kapal, seperti simulasi selancar dan flying fox.

Royal Carribean memiliki dua kapal lagi yang sedang dibangun yaitu Anthem of The Seas yang akan diresmikan April dan Ovation of the Seas, yang juga akan mengawali debutnya April 2016. Tiga kapal baru akan meningkatkan jumlah kapal perusahan hingga 25.

Mayoritas kapal berlabuh di Florida, tapi Anthem of the Seas dan Quantum of the Seas akan berlabuh di Southampton pada musim panas mendatang.

(tbn/kmps/pp)

10 Aplikasi Ini Kuras Baterai Smartphone

battery

PelitaPos.Com-Baterai ponsel pintar pada umumnya selalu boros. Sebagus dan sekuat apapun smartphone yang Anda punya, tetaplah ada batas kekuatan energi terhadap baterainya sendiri. Nah, teryata setiap aplikasi yang kita miliki dalam smartphone atau ponsel bisa memboroskan baterai.

Itu juga bisa menurunkan kinerja perangkatnya. Facebook berada dalam peringkat pertama yang terdeteksi oleh lembaga sekuriti AVG, yang pada bulan ini menganalisa perangkat Android dari satu juta pengguna aplikasinya.

Berikut 10 aplikasi yang paling boros menyedot performa baterai smartphone:

  1. Facebook
  2. Path
  3. 9GAG Funny Pics & Videos
  4. Instagram
  5. Spotify Music
  6. BBM
  7. QQ
  8. TextPlus Free Text & Calls
  9. Wattpad Free Books & Stories
  10. iFunny

(btmpos)

 

alt

alt