Mon04192021

Last update03:59:51 PM GMT

alt

Korban sipil perang Afghanistan 2015 capai rekor

alt

Kabul, Afghanistan (Pelitapos) - Jumlah warga sipil yang tewas atau terluka di Afghanistan pada 2015 mencatat rekor tertinggi sejak 2009, dengan anak-anak menanggung beban paling berat, demikian menurut PBB, Minggu.

Read more:

Malaysia raih Rp8 triliun dari kenaikan pungutan pekerja asing

alt

Kuala Lumpur (Pelitapos) - Keputusan pemerintah Malaysia menyusun ulang sistem tarif pungutan bagi pekerja asing (Levi) diperkirakan memberi tambahan pendapatan hingga 2,5 miliar ringgit atau sekitar Rp8 triliun kepada negara.

Read more:

Kantor Pos Ini Cari Pegawai di Antartika,Rp 20 Jt Perbulan

alt

(Pulau Goudier merupakan pangkalan militer milik Inggris di kutub selatan, 17 Februari 2015. Dailymail.co.uk)

Antartika,Pelita Pos-Sebuah kantor pos buka lowongan untuk posisi pengantar dan penyortir surat dengan gaji hingga Rp 20 juta per bulan. Lowongan ini menggiurkan. Tantangannya adalah cuaca tempat kantor pos ini berada.

Diberitakan Telegraph, Senin, 16 Februari 2015, lowongan ini dibuka untuk kantor pos di Port Lockroy, bekas pangkalan penelitian Inggris di pulau Goudier, Antartika. Pulau ini hanya seukuran lapangan sepakbola dan tidak berpenduduk.

Lembaga asal Inggris Antarctic Heritage Trust membuka kantor pos di wilayah ini selama musim panas untuk mengantar dan menyortir 70 ribu surat yang dikirim oleh penumpang kapal pesiar yang datang.

Dengan gaji 1.100 pound sterling atau lebih dari Rp 20 juta per bulan, pegawai pos harus rela tinggal di cuaca beku namun tetap tersenyum saat bertugas tujuh hari seminggu selama lima bulan di pulau tersebut.

Tidak ada air keran di tempat itu, menjadikan mandi sebuah kemewahan. Tidak ada gardu listrik utama dan alat komunikasi terbatas. Namun gangguan terbesar bisa jadi adalah penguin yang jumlahnya bisa mencapai 2.000 ekor di Goudier.

"Dapatkah Anda membawa kotak berat di atas batu licin dan salju yang mencair sambil menghindari penguin?" tulis iklan lowongan tersebut.

"Apakah Anda senang tidak mandi hingga sebulan, tinggal di tempat yang hanya dihuni sekitar tiga orang dan 2.000 penguin bau selama lima bulan?"

Jane Cooper, 37, dari Gloucestershire pernah bekerja di posisi ini di musim sebelumnya. Dia mengatakan bahwa ini adalah "kesempatan seumur hidup."

Tinggal di kutub utara yang sunyi dan sepi dan tanpa mandi, kata Cooper, seseorang harus memainkan imajinasinya agar tidak frustrasi. "Jika kau memotong Spam (daging kaleng) sangat tipis, gorenglah dan tutup matamu, yakinkan dirimu itu adalah seiris bacon," ujar Cooper pada Telegraph.

Lowongan ini ditutup kurang dari dua pekan lagi, yakni pada 27 Februari 2015. Anda berminat dengan lowongan ini?

(tmp/c)

Waduh Demi Wanita, Pendeta Ini Korupsi Uang Gereja Rp 495 Miliar

altaltSINGAPURA - Pendeta Gereja City Harvest (CHC) Kong Hee kena batunya. Dia harus mendekam balik jeruji besi setelah pengadilan memutuskan dia bersalah kemarin (21/10). Pengadilan memutus dia bersalah menggunakan uang kolekte atau persembahan jemaat untuk mendongkrak karir musik istrinya yang cantik, Sun Ho. Kong tidak bakal sendirian. Sebab, lima petinggi gereja lainnya yang terlibat juga bakal dipenjara.  ''Para terdakwa memilih untuk terlibat dalam operasi rahasia dan konspirasi untuk saling menutupi,'' ujar hakim See Kee Oon.

Pendeta Kong Hee dan salah seorang pemimpin Gereja CHC lainnya dinyatakan bersalah atas pelanggaran pidana kepercayaan. 

Maksimal hukumannya adalah penjara seumur hidup, namun sejauh ini biasanya hanya 20 tahun. Sedangkan empat orang lainnya, termasuk akuntan gereja, dinyatakan bersalah karena memalsukan pembukuan dan berbagai hal lain. 

Keenamnya masih bebas dengan jaminan sampai masa penjara diberlakukan. Uang jaminan untuk Kong saja mencapai SGD 1 juta (Rp 9,9 miliar). 

Proses peradilan kasus itu sudah berjalan dua tahun lalu. Namun, keputusan baru keluar kemarin. Enam petinggi Gereja CHC tersebut dituding telah menyalahgunakan uang kolekte SGD 24 juta (Rp 237,5 miliar) untuk membiayai karir musik Sun Ho. 

Sebelumnya Sun Ho adalah penyanyi lagu-lagu pop Mandarin. Nah, dengan alasan untuk menarik jemaat yang lebih banyak, dia beralih menyanyikan lagu-lagunya dalam bahasa Inggris. Harapannya, Sun bisa menjadi bintang pop dunia yang tenar. 

Enam orang yang tidak amanah itu juga menggelapkan uang persembahan SGD 26 juta (Rp 257,8 miliar). Uang tersebut digunakan untuk menutupi jejak korupsi yang mereka lakukan. Jadi, total uang yang mereka salah gunakan adalah SGD 50 juta atau setara dengan Rp 495,3 miliar.(jp)

Jacky Chan Dapat Gelar Datuk, Netizen Malaysia Protes

alt

(says.com)

Malaysia,Pelita Pos- Pemerintahan Kerajaan Malaysia, Senin (02/02/2015), secara resmi memberikan gelar Datuk pada Chan Kong-sang, laki-laki 60 tahun yang di seantero dunia lebih dikenal dengan nama Jackie Chan. Aktor Hongkong (ia disebut juga sebagai Sung Lung atau Chen Long) ini hadir di Istana Negara dan menerima pengalungan medali kebesaran oleh Yang di-Pertuan Agong Tuanku Alhaj Abdul Halim Mu'adzam Shah.

Penganugerahan gelar ini langsung disambut pro kontra di Malaysia. Alasan pemerintah kerajaan, bahwa Jackie Chan telah berjasa memperkenalkan Malaysia ke dunia internasional setelah menjadikan Kuala Lumpur sebagai salah satu lokasi pengambilan gambar film blockbuster, Police Story, oleh sebagian orang dianggap berlebihan.

Berbagai opini dilayangkan di laman-laman sosial media, terutama Twitter. Seorang netizen bernama Shukur Hasan (@shukur_hasan), menulis tanggapan atas berita yang dilansir star online, menulis, “this just shows how meaningless these titles are. What are his contributions to our nation?

Shukur, juga sejumlah netizen lain, pada umumnya sepakat bahwa sekadar Police Story, bukan menjadi alasan yang tepat bagi Pemerintah Kerajaan Malaysia untuk memberikan gelar yang prestisius ini.

alt

Meski demikian, ada juga netizen yang menyambut dengan hangat. Mereka berpendapat, Jackie Chan pantas menerima gelar tersebut. Selain lokasi syuting, dalam Police Story, Jackie Chan juga mengajak bintang film dan mantan ratu kecantikan Malaysia, Michael Yeoh, untuk ambil bagian.

Berangkat dari Police Story, Yeoh kemudian merambah Hollywood dan mendunia. Yeoh bermain dalam banyak film bagus, termasuk pemenang sejumlah penghargaan Academy Award, Crouching Tiger Hidden Dragon.

Pro kontra seperti ini pernah terjadi beberapa tahun lalu, tatkala Pemerintah Kerajaan Malaysia memberikan gelar kebangsawanan yang sama pada bintang Bollywood, Shah Rukh Khan.

(ags/tbn)

Myanmar Diterjang Banjir, Pemerintah Diharap Introspeksi Atas Kejahatan Terhadap Etnis Rohingnya

Myanmar Diterjang Banjir, Pemerintah Diharap Introspeksi Atas Kejahatan Terhadap Etnis RohingnyaPELITA POS– Presiden Myanmar Thein Sein mengumumkan keadaan darurat di empat wilayah setelah banjir menewaskan banyak orang beberapa pekan terakhir.

Read more:

Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz meninggal dunia

alt

ARAB SAUDI (PelitaPos) – Raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdulaziz, telah meninggal dunia, lapor televisi negara Saudi seperti dilansir Al-Jazeera.

Televisi Saudi menayangkan ayat-ayat Al-Qur’an pada Jum’at (23/1/2015) pagi ini, yang sering dijadikan penanda kematian petinggi kerajaan, beberapa menit sebelum pengumuman resmi tentang kematian Raja Abdullah dibuat.

Raja Abdullah menghembuskan nafas terakhirnya pada usianya yang lebih dari 90 tahun. Dia telah berada di rumah sakit selama beberapa minggu dan menderita pneumonia.

TV Saudi juga mengumumkan Putra Mahkota Salman bin Abdulaziz Al-Saud (79) kini resmi menjadi Raja Saudi yang baru dan Pangeran Muqrin bin Abdulaziz menjadi putra mahkota baru.

“Yang Mulia Salman bin Abdulaziz Al-Saud dan semua anggota keluarga serta bangsa berduka cita [atas meninggalnya] Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah bin Abdulaziz, yang meninggal tepat pukul 1 pagi ini,” lapor TV Negara.

Raja Abdullah, yang diperkirakan lahir pada tahun 1923, telah memerintah Arab Saudi sebagai raja sejak tahun 2006, tetapi telah memimpin negara sebagai pengawas de factoselama satu dekade sebelum itu, setelah pendahulunya Raja Fahd menderita stroke yang melumpuhkan.

Dalam kepemimpinannya, Abdullah memainkan peran dalam dukungan Arab Saudi untuk pemerintah Mesir setelah militer melakukan intervensi pada tahun 2012. Dia juga memerangi Mujahidin Al-Qaeda, dan menyingkirkan para pengkhotbah yang diklaim “radikal” di negaranya, lansir CNN.

Sementara Raja Salman telah menjadi putra mahkota dan menteri pertahanan sejak tahun 2012. Dia merupakan gubernur provinsi Riyadh selama lima dekade sebelum itu.

(banan//arrahmah

Dilecehkan dalam Kereta,Warga Sydney ini bela Wanita tersebut

alt

(Illustrasi)

Sydney (Pelita Pos)- Sebuah video yang menangkap momen seorang perempuan Muslim menjadi obyek serangan verbal rasis di dalam kereta di Sydney, telah dilihat hampir 60.000 kali di youtube.

Video ini direkam dengan ponsel oleh Stacey Eden, 23 tahun. Dalam video itu, Stacey mengatakan kepada seorang perempuan yang lebih tua untuk menghentikan pelecehan yang dilakukannya terhadap perempuan muslim berjilbab yang tengah bersama suaminya pada saat itu.

Stacey, seorang pekerja patologi, mengatakan, kejadian itu berlangsung saat ia sedang naik kereta pulang ke wilayah Mascot di jalur bandara, sekitar pukul 1:40 siang pada hari Rabu (15/4).

Ia mengatakan, ia melihat sekelompok orang masuk ke kereta, khususnya seorang pria dan perempuan yang mengenakan jilbab dengan menggendong bayi.

Pada saat itu, Stacey menceritakan, seorang perempuan tua berjalan mendekat dan mulai berbicara kepada mereka.

"Saya hanya mendengarkan musik. Perempuan tua itu lalu membungkuk dan menyentuh jilbab si perempuan Muslim sementara ia berbicara,” ungkapnya.

Pelecehan verbal merujuk ke kelompok ISIS

Stacey mengatakan, ia melihat perempuan tua itu secara lisan menganiaya pasangan tersebut, yang sebenarnya tak mengatakan apa-apa.

"Perempuan di sebelah saya mengatakan hal-hal seperti 'semua orang yang sekarat karena umat Islam di dunia ini dan lihat apa yang terjadi di luar negeri &rsquo," tuturnya.

Stacey mengutarakan, perempuan tua itu melanjutkan kicauannya dengan mengatakan: ‘bacalah koran, untuk apa anda memeluk agama ini, mengapa anda memakai hal-hal seperti ini sehingga Anda bisa menikah dengan pria yang akan menikahi gadis 6 tahun? &rsquo.

"Saya langsung berkomentar 'ini tidak benar, mengapa anda mengatakan hal-hal seperti ini?'," sebutnya.

Dalam video tersebut, stacey mengatakan kepada si perempuan tua untuk meninggalkan perempuan Muslim itu.

"Ia memakai itu untuk dirinya sendiri, OK. Dia memakai itu karena ia ingin menjadi sederhana dengan tubuhnya, bukan karena orang-orang seperti Anda yang akan duduk di sana dan tidak menghormatinya," kata Stacey dalam video.

Si perempuan tua sempat terdengar menyebutkan pemenggalan, pengepungan Sydney, dan menyebut perempuan Muslim itu sebagai ‘pendukung ISIS &rsquo.

Stacey lantas mengatakan, dirinya marah dan mulai merekam kejadian tersebut.

"Ia memilih perempuan itu karena caranya berpakaian dan itulah yang benar-benar membuat saya marah," akunya.

Ia menyambung, "Perempuan yang sedang duduk di seberang saya ini memakai jilbab, ia mengurusi dirinya sendiri, ia tak mengatakan apa-apa yang kelewat batas, ia bahkan tak berbicara.”

Polisi mendorong korban pelecehan ras untuk melapor

Stacey mengatakan, ia melewatkan pemberhentiannya sendiri untuk memastikan pasangan itt merasa aman, dan ketika ia melihat mereka turun di halte Bandara Internasional, Stacey lantas turun di stasiun Wolli Creek.

"Saya benar-benar khawatir tentang apa yang bisa terjadi. Saya tinggal di kereta selama beberapa perhentian hanya untuk memastikan semuanya baik-baik saja,” ceritanya.

Suami korban, Hafeez Ahmed Bhatti, mengunggah ucapan terima kasihnya di Facebook dengan menulis: "Video ini tak saya buat sendiri. Inilah yang terjadi kepada kami di dalam sebuah kereta di Sydney, Tuhan memberkati Stacey Eden, ia mendukung kami".

Stacey mengatakan, ia merasa terdorong untuk membela karena tak ada orang lain yang melakukan sesuatu.

"Saya hanya merasa, jika tak ada satupun yang mengatakan apa-apa, ini akan terus terjadi, jadi saya harus mengatakan itu. Orang-orang seperti itu sangatlah bodoh. Mereka tak akan mendengarkan apa yang Anda katakan,” akunya.

Juru bicara polisi New South Wales mengatakan, pihak mereka akan meninjau rekaman video itu.

"Polisi NSW menyadari adanya insiden yang terjadi dalam kereta yang bepergian menuju bandara, Inner West dan jalur Selatan yang melibatkan dugaan fitnah rasial, kemarin (15/4),"kemukanya.

Sang jubir menambahkan, "Pihak transportasi kami tengah meninjau sebuah video yang diunggah secara online dalam upaya untuk mengidentifikasi pelaku yang disangkakan."

Polisi mengatakan, mereka belum menerima laporan dari tuduhan penyerangan itu dan mendorong korban untuk melapor.

(nwk/dtc)

Ratusan Warga Afganistan Puji Penyerang Charlie

alt

Kabul,PelitaPos.Com - Ratusan warga di Afganistan selatan unjuk rasa memuji penembakan di kantor media satire Prancis,Charlie Hebdo, yang menewaskan 12 orang. "Massa menyebut dua orang bersenjata yang melakukan penembakan itu sebagai "pahlawan" karena menghukum pembuat kartun yang tidak menghormati Nabi Muhammad," kata para pejabat di Provinsi Uruzgan, Afganistan, Sabtu 9 Januari 2015, soalrally itu.



Para demonstran juga memprotes sikap Presiden Afganistan Ashraf Ghani yang mengecam serangan berdarah di Prancis itu.

Unjuk rasa dilakukan setelah jemaah selesai salat Jumat di sebuah masjid lokal di Distrik Chora. "Para pengunjuk rasa menyerukan para penyerang itu pahlawan dan meneriakkan bahwa mereka yang mengejek Nabi Muhammad dihukum," kata kepala polisi Chora, Abdul Qawi. 

Kepala Polisi Provinsi Uruzgan Matiullah Khan mengatakan polisi telah diberi tahu sebelum demonstrasi digelar. Di negara ini, unjuk rasa adalah bagian dari kebebasan berbicara yang dilindungi konstitusi Afganistan. "Polisi menyediakan pengamanan dengan baik dan demonstrasi itu berlangsung damai," katanya.

Presiden Afganistan Ghani mengeluarkan kecaman sehari setelah ada kabar serangan terhadap Charlie Hebdo dan mengatakan, "Tidak ada pembenaran untuk tindakan brutal ini."

Afganistan tetap menjadi masyarakat muslim yang sangat konservatif, meski lebih dari 13 tahun setelah rezim Islam garis keras Taliban digulingkan oleh pasukan koalisi yang dipimpin AS. Taliban digulingkan karena dianggap melindungi pemimpin Al-Qaeda, yang oleh AS dituduh sebagai dalang serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat.

Tujuh pekerja PBB tewas dalam protes yang berkobar di Afganistan selama tiga hari pada April 2011, setelah seorang pendeta AS dikabarkan membakar Al-Quran di Florida.

Kecaman terhadap penyerangan Charlie Hebdo juga disampaikan warga Afganistan. "Sebagai solidaritas untuk warga Prancis, kami mengutuk serangan biadab pada #CharlieHebdo," kicau seorang warga Afganistan di Twitter. "Terorisme tidak memiliki ras, agama, atau negara. Terorisme adalah musuh semua orang," cuit warga Afganistan lainnya.

REUTERS | ABDUL MANAN.

"Lubang Api' Muncul di Cina, Warga Ketakutan

alt

(Dailymail)

Xinjiang (Pelita Pos) - Sebuah lubang mengeluarkan cahaya merah dari dalam, akibat proses pembakaran. Pemerintah setempat menyatakan, bahwa lubang berapi itu muncul akibat terbakarnya batu bara di perut bumi. Tiongkok, 9 April 2015. Lubang api yang muncul tiba-tiba di pinggiran Urumqi, ibu kota Xinjiang di barat laut Cina, benar-benar bikin warga lokal terkejut. Warga lokal menyebut lubang api berdiameter sekitar 80 sentimeter itu sebagai gerbang neraka.

Dari lubang tersebut terlihat pancaran terang api berwarna oranye. Lubang itu muncul sepekan lalu saat ditemukan pekerja konstruksi dan penduduk desa. Saat itu mereka tengah bekerja pada sebuah bangunan yang diperuntukkan bagi wisatawan yang berkunjung ke gunung di pinggiran Urumqi. Kawasan itu kini ditutup untuk diteliti ahli pertambangan dan pakar geologi.

"Terpaan udara yang keluar dari lubang itu begitu panas. Meskipun tidak biasa, kami cukup yakin bahwa ini terjadi karena pembakaran spontan batu bara," kata ahli geologi, Hu Tan, yang memimpin penyelidikan, seperti dilansir situs News.com.au, Jumat, 10 April 2015.

Cao Jianwen, ahli pertambangan, mengatakan daerah itu digunakan untuk penambangan batu bara pada 1970-an, dan ada contoh yang didokumentasikan dari fenomena serupa pada tahun-tahun sebelumnya. "Kami mencatat suhu lubang itu 792 derajat Celsius. Saya bisa memahami bahwa penduduk setempat bertakhayul," kata Cao.

Setelah penyebab munculnya lubang diidentifikasi, pemerintah setempat berupaya menutupnya. Mereka khawatir asap yang dikeluarkan bisa membahayakan pekerja di area tersebut jika terhirup untuk waktu yang lama. Apalagi ada kemungkinan lubang serupa di area tersebut bisa terbentuk.

"Saya tidak akan mengesampingkan bahwa mungkin ada lubang-lubang yang sama di daerah ini pada masa depan, dan kami harus cepat dihubungi jika orang lain menemukannya sehingga tindakan yang tepat dapat diambil," kata Cao.

NEWS.COM.AU | AMIRULLAH/TMP

Ini Akhir Perjalanan Pemred Majalah Penghina Nabi Muhammad

alt

REUTERS/Jacky Naegelen

Paris,Pelita Pos.Com Serangan terhadap di kantor majalah yang kerap melecehkan Islam dan simbol-simbolnya, Charlie Hebdo, pada Rabu (07/01), juga menewaskan pimpinan redaksi (pimred) majalah mingguan tersebut, Stephane Charbonnier. Pria yang dikenal dengan panggilan Charb itu tewas bersama 11 rekannya ketika menggelar rapat redaksi.

Selain Chard, tiga kartunis terkenal Prancis juga tewas dalam serangan itu. Mereka adalah Cabu, Tignous dan Wolinski. Ketiganya bekerja di koran Charlie Hebdo dan bertugas membuat karikatur-karikatur kontroversial, termasuk di antaranya melecehkan Islam dan simbolnya.

Chard yang tewas di usia 47 tahun itu dikenal sebagai pria yang getol menghina simbol umat Islam. Ia bersikeras dan tidak mengindahkan ancaman serta protes umat Islam karena memuat kartun Nabi Muhammad di majalahnya.

“Muhammad tidak suci bagi saya,” kata Chard dalam wawancara dengan kantor berita AP pada tahun 2012, ketika kantor Charlie Hebdo terbakar karena serangan bom molotov.

“Saya hidup berdasarkan undang-undang Prancis. Saya tidak hidup berdasarkan undang-undang Al Quran,” tambahnya, seperti dilansir BBC.

Sebagaimana diberitakan, sejumlah pria bertobeng menyerbu kantor majalah Cherlie Hebdo di Paris, Prancis, ketika sedang menggelar rapat redaksi. Mereka menembaki orang-orang yang ada di kantor bersebut, termasuk penjaga keamanan, sehingga menewaskan 12 orang.

Majalah Charlie Hebdo memang dikenal kerap menerbitkan kartun-kartun yang menghina dan melecehkan umat Islam serta simbol-simbolnya. Pada tahun 2007 Charlie Hebdo diperkarakan karena memuat kartun Nabi Muhammad, sehingga membuat marah umat Muslim dunia.

Majalah ini terbit sejak 1970, mendapat inspirasi namanya dari tokoh kartun Amerika, Charlie Brown. Sejak awal majalah ini diterbitkan untuk ‘meledek’ selebriti, politisi bahkan agama.

Pada 2006, Charlie Hebdo menjadi target utama umat Islam yang tidak menerima agamanya dilecehkan, setelah mencetak ulang 12 kartun Nabi Muhammad yang sempat diterbitkan harian Denmark, Jyllands-Posten.

Salah satu kartun menampilkan sebuah bom yang ditempatkan dalam sebuah surban memicu protes di negara-negara muslim. Namun, redaksi majalah ini selalu berkilah bahwa apa yang mereka lakukan adalah bagian dari kebebasan berekspresi.

Sumber: BBC, Sky News Arabia
Hunef/kiblatnet

Kantor NSA Di Serang OTK,Satu Orang Tewas

alt

(Illustrasi)

WASHINGTON, (Pelita Pos)– Satu orang tewas dan dua cedera dalam baku-tembak di gerbang Markas Dinas Keamanan Nasional AS (National Security Agency/NSA) di Fort Meade, Maryland, demikian laporan media setempat.

Menurut berita NBC, seorang penjaga NSA dilaporkan terlibat pertengkaran dengan dua orang yang menyamar sebagai perempuan dan berusaha memasuk instalasi itu pada Senin pagi. Mereka kemudian terlibat baku-tembak sekitar pukul 09.30 waktu setempat (20.30 WIB).

Penjaga tersebut dilaporkan menembak satu dari dua orang itu setelah kendaraan yang mereka tumpangi berusaha menabrak gerbang NSA. Menurut NBC, satu senjata api dan narkotika belakangan ditemukan di dalam kendaraan itu.

Salah satu dari kedua tersangka penerobos tersebut ditemukan tewas di lokasi kejadian.

Dari helikopter, petugas darurat terlihat sedang merawat seorang pria yang tak berseragam dan cedera. Pria itu kemudian dimasukkan ke dalam ambulans.

Fort Meade, salah satu instalasi Angkatan Darat AS, menampung sebanyak 11.000 personel militer bersama dengan 29.000 pegawai sipil.

(data2/antara./WOL)

Militer Singapura Siagakan Pesawat dan Kapal untuk Cari AirAsia

alt

(merdeka.com)

SINGAPURA,Pelita Pos.com -  Pesawat dan kapal laut milik militer Singapura disiagakan untuk membantu pencarian AirAsia QZ8501 yang hilang di perairan Bangka Belitung hari ini, Minggu (28/12/2014).

Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen dalam lamanFacebook-nya sebagaimana dikutip oleh The Straits Timesmengungkapkan pihaknya menyiagakan pesawat Hercules C130 dan kapal milik Angkatan laut negara tersebut.

Dia juga mengungkapkan bahwa dirinya telah berbicara dengan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. "Bahwa kami menawarkan segenap tenaga dan pikiran serta doa untuk seluruh penumpang dan kru pesawat AirAsia QZ8501. Saya juga telah berbicara kepada beliau bahwa pesawat dan kapal kami siap untuk membantu," ujarnya. 

Sementara itu PM Singapura Lee Hsien Loong dalam laman Facebook-nya juga menyampaikan kesiapan untuk membantu otoritas Indonesia.

"Sangat prihatin mendengar bahwa pesawat AirAsia dari Surabaya ke Singapura hilang. Sejauh ini kami belum mendapatkan detail, namun kami telah menawarkan bantuan bagi otoritas Indonesia," tulis Lee Hsien Loong.

 

Editor : Bambang Priyo Jatmiko.(kompas.com)
Sumber thestraitstimes.com.

 

Gedung Putih Libur Sementara,Salju Yang Berkepanjangan

alt

(ap photo/jacquelyn martin)

Washington DC,(Pelita Pos)- Penjagaan Gedung Putih di bawah turunnya salju yang lebat, para petugas Divisi Dinas Rahasia berjaga di depan Gedung Putih di Washington,Kamis (5/3).Pemerintah federal AS mengatakan kantor-kantornya di kawasan Washington diutup pada hari Kamis dikarenakan ronde baru musim dingin di kawasan itu.Kantor Personnel Management mengatakan petugas non-emergensi di dan di sekitar Washington diperbolehkan tidak masuk kerja untuk hari itu.Petugas emergensi dan jajaran pegawai telework diharapkan bekerja.

(ap photo/jacquelyn martin)

"Selfie" di Ruang Bedah, Sejumlah Dokter di China Dikecam

alt

(foto Shanghaiist :Inilah aksi selfie para dokter bedah di RS Fengcheng, Xi'an, China yang mengundang kecaman dari publik)

BEIJING,PELITAPOS.com — Sejumlah dokter dan perawat di Rumah Sakit Fengcheng, Xi'an, China, memicu kegeraman publik setelah mereka mengunggah selfie bersama di dalam ruang pembedahan, dengan seorang pasien masih terbaring di meja operasi.

Harian Shanghai Daily mengabarkan, foto itu sebenarnya diambil pada 15 Agustus lalu untuk mengingat sebuah ruang bedah lama yang akan ditutup dan akan diganti dengan ruang bedah yang baru.

Akibat hujan kecaman di media sosial terkait aksi selfie ini, Wakil Direktur RS Fencheng, yang bertanggung jawab mengawasi para staf medis, harus rela kehilangan pekerjaannya.

Selain dipecat, sang wakil bersama direktur rumah sakit juga dijatuhi hukuman denda yang cukup besar. Demikian pernyataan Biro Kesehatan Publik Xi'an yang dirilis pada Minggu (21/12/2014).

Besarnya denda yang dijatuhkan kepada kedua petinggi rumah sakit itu setara dengan gaji tiga bulan para dokter dan perawat yang tampil dalam selfie itu. Padahal, dalam foto itu setidaknya 10 staf medis ikut ber-selfie ria.

Salah seorang staf medis yang terlibat dalam selfie itu memberikan sisi lain kisah ini kepada wartawan. Dia mengatakan, saat itu seorang pasien, yaitu seorang pria pekerja berusia 40 tahun mengalami kecelakaan dan kemungkinan besar akan kehilangan kakinya.

Pembedahan yang dilakukan terhadap pasien itu sangat sulit dan berlangsung selama tujuh jam. Selama pembedahan, semua staf medis tidak makan atau minum.

Pada akhir proses pembedahan, para dokter berhasil menyelamatkan kaki pasien itu. Untuk merayakan kesuksesan tersebut, mereka berfoto bersama di ruang bedah bersama sang pasien.

Beberapa staf medis melepas penutup wajah mereka karena suhu yang panas di dalam ruang pembedahan itu, yang memang tidak dilengkapi pendingin udara.

Editor : Ervan Hardoko
Sumber : shanghaiist.kompas

 

Dubes AS yang Terluka dalam Sebuah Serangan di Korsel

alt

Kim Ju-sung/Yonhap/AP Photo

WASHINGTON,(PELITA POS)- Dubes AS untuk Korea Selatan Mark Lippert berdarah setelah diserang pria yang bersenjatakan pisau cukur, Kamis (5/3/2015). Presiden AS Barack Obama, Rabu (4/3/2015) waktu setempat atau Kamis waktu Indonesia, menelepon bekas penasehatnya yang kini menjadi duta besar AS di Korea Selatan untuk menyampaikan harapan agar dia baik-baik saja setelah sebuah serangan berdarah dengan mengunakan pisau di Seoul. Serangan tersebut telah dikecam keras Washington.

Bernadette Meehan, juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, mengatakan, Obama menelepon Mark Lippert "untuk menyampaikan kepadanya bahwa Presiden mendoakan dia dan istrinya Robyn, dan mengharapkan dia lekas sembuh."

Departemen Luar Negeri AS mengatakan Lippert "diserang pada Kamis pagi di Seoul saat memberikan sebuah sambutan." Wakil Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Marie Harf mengatakan, "Kami sangat mengecam tindak kekerasan ini."

Lippert lama menjadi penasihat Obama. Dia melayani Obama di Senat AS, dalam pemilu yang sukses tahun 2008, menjadi tim transisi presiden dan di Gedung Putih sebagai Kepala Staf Dewan Keamanan Nasional.

Lippert seorang mantan perwira intelijen untuk operasi khusus Angkatan Laut. Dia pernah mendapat Bronze Star Medal setelah penempatannya di Irak. Dia menjadi duta besar tahun lalu setelah bertugas di Pentagon.


 
Editor : Egidius Patnistik
Sumber : AFP

 

Pengadilan Eropa Cabut Hamas dari Daftar Kelompok Teroris

alt

LUKSEMBURG,PELITA POS.com - Foto.AFP: Anggota brigade Ezzedine al-Qassam, sayap militer Hamas yang menguasai Jalur Gaza. Pengadilan Uni Eropa, Rabu (17/12/2014), memutuskan untuk menghapus nama kelompok Hamas dari daftar terorisme Uni Eropa namun aset kelompok ini untuk sementara masih dibekukan.

Dalam pernyataan resminya Pengadilan Umum Uni Eropa mengatakan keputusan mencabut Hamas dari daftar kelompok teroris karena keputusan memasukkan Hamas ke dalam daftar kelompok teroris pada 2001 bukan didasarkan pada fakta hukum.

Keputusan memasukkan Hamas ke dalam kelompok teroris, lanjut pengadilan yang berbasis di Luksemburg itu, murni didasari kesimpulan yang diambil dari berbagai pemberitaan media dan internet.

Meski demikian, aset-aset Hamas untuk sementara waktu akan tetap dibekukan setidaknya selama tiga bulan sambil menunggu kemungkinan munculnya banding dari Uni Eropa.

Hamas yang berkuasa di Jalur Gaza sejak 2007 itu selama ini telah mengajukan langkah hukum untuk mencabut nama mereka dari daftar hitam Uni Eropa.

Keputusan pengadilan ini muncul beberapa jam sebelum parlemen Uni Eropa dijadwalkan mengambil suara terkait pengakuan terhadap negara Palestina, setelah sejumlah negara anggota Uni Eropa memicu kemarahan Israel karena secara resmi mengakui eksistensi Palestina.

Sementara itu, kelompok Hamas menyambut baik keputusan pengadilan Uni Eropa itu dan menggambarkan keputusan pengadilan tersebut sebagai sebuah kemenangan.

"Ini adalah kemenangan bagi Palestina dan kemenangan untuk hak-hak rakyat kami," kata juru bicara Hamas Fawzi Bahrum.

"Kami berterima kasih kepada pengadilan Uni Eropa untuk keputusan positif ini yang harus diikuti dengan langkah internasional mengangkat penindasan terhadap rakyat Palestina," tambah Fawzi.

Sayap militer Hamas pertama kali dimasukkan ke dalam daftar hitam kelompok teroris pada Desember 2001 tak lama setelah serangan 11 September di menara kembar WTC New York, AS.
Kemudian pada 2003, Uni Eropa memasukkan sayap politik Hamas ke dalam daftar hitam kelompok teroris.

Editor : Ervan Hardoko.kompas
Sumber : AFP.

 

CIA Intelijen AS Mencoba Buka Akses ke Hamas

alt

(kantor pusat CIA. golos-ameriki.ru)

Moskow,Pelita Pos - Badan intelijen Amerika Serikat, Central Intelligence Agency (CIA), berusaha menjalin kontak langsung dengan kelompok Palestina yang menguasai Gaza, Hamas, meski kelompok ini dikategorikan sebagai "teroris" di AS, kata bocoran laporan intelijen dari Afrika Selatan.

Soal ini merupakan bagian dari informasi dari apa yang disebut sebagai Spy Cables, yang berisi ratusan laporan intelijen rahasia Afrika Selatan dari seluruh dunia, yang diterbitkan bersama oleh Al Jazeera dan Guardian.

Salah satu dokumen itu mengatakan bahwa seorang perwira CIA menghubungi agen intelijen Afrika Selatan tahun 2012 dengan permintaan untuk membantu mendapatkan akses ke Hamas.

Agen Amerika itu "tampaknya putus asa untuk membuat terobosan dalam menjalin kontak dengan Hamas di Gaza dan sepertinya ingin Badan Intelijen Afrika Selatan (South African State Security Agency-SSA) membantu mereka dalam memperoleh akses," kata kabel itu.

Intelijen Afrika Selatan mengkalkulasi peluang untuk mendapatkan manfaat dari permintaan bantuan itu. "Kalau SSA menghubungkan (petugas CIA) dengan Hamas, SSA memiliki kesempatan mendapatkan manfaat dari interaksi di mana kita akan menetapkan prioritas pengumpulan dan persyaratan terhadap LS829." LS829 adalah nama kode intelijen Afrika Selatan untuk CIA."

Departemen Luar Negeri AS membantah ada upaya memulai dialog langsung dengan Hamas. "Kebijakan kami tidak berubah," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Jen Psaki kepada wartawan, Senin, 23 Februari 2015, mengomentari dokumen yang bocor itu.

Selain itu, ada juga kabel yang mengungkap bahwa Presiden AS Barack Obama menelepon pemimpin Palestina Mahmoud Abbas pada 2012. Obama mengancam Abbas jika ia terus dengan rencananya untuk mendapatkan "status pengamat non-anggota" di PBB.

Badan intelijen Afrika Selatan diduga menyerahkan memo dari seorang perwira intelijen Palestina mengenai adanya panggilan telepon "di mana Presiden Obama mengancam Presiden Abbas jika ia maju terus dengan meminta status pengamat non-anggota di PBB".

Jika panggilan telepon itu benar-benar terjadi, sepertinya AS gagal membujuk Abbas dan Otoritas Palestina. Sebab, Palestina maju terus dengan rencana itu dan mendapatkan dukungan di Dewan Keamanan PBB.

AlJazeera dan Guardian mengklaim mereka mulai menerbitkan kabel setelah sebelumnya melakukan verifikasi. Mereka mengaku memiliki ratusan dokumen, yang akan dipublikasikan secara bertahap. File-file tersebut adalah korespondensi rahasia intelijen Afrika Selatan dengan rekan-rekan mereka di AS, Inggris, Israel, Rusia dan Iran dan sejumlah negara lain di Asia, Timur Tengah, dan Afrika.

Nama dan nama samaran dari para agen rahasia dibuang dari kabel itu, termasuk beberapa informasi yang berpotensi berbahaya, termasuk deskripsi tentang bagaimana merakit bahan peledak.

(RUSSIA TODAY | ABDUL MANAN/tmp)

Polisi: 3 Tewas dan 4 Luka dalam Penyanderaan di Sydney

SYDNEY, PelitaPos.COM - Dua sandera yang tewas dalam insiden penyanderaan di Martin Place Sydney, Australia, adalah manajer cafe Lindt tempat penyanderaan terjadi dan seorang pengacara.


Katrina Dawson (38) bekerja sebagai pengacara di Sydney Central Business District (CBD) dan memiliki tiga orang anak. Dia bekerja di kantor biro hukum Selbourne Chambers dan menikah dengan Paul Smith, seorang pengacara di kantor biro hukum Mallesons.

Dawson belajar hukum di Sydney University, dimana dia tinggal di kampus sebagai mahasiswa dan kemudian melakukan praktek kerja di Mallesons dimana dia bertemu dengan suaminya. 

Tori Johnson (34) bekerja di Lindt Cafe sejak Oktober 2012, dan sebelumnya bekerja di beberapa restoran di sekitar Sydney.

Mantan koleganya Tony Manno, yang pernah bekerja dengan Johnson di restoran Adria Rybar & Grill selama beberapa tahun mengatakan dia sangat berduka setelah mendengar meninggalnya Johnson pagi ini.

"Tori adalah teman yang baik, dia sangat disukai  oleh semua teman-teman sekerjanya."

 

Editor : Egidius Patnistik.kompas
Sumber ABC Australia

 

Presiden Mesir Serukan Koreksi Konsep Islam yang "Keliru"

alt

BBC

KAIRO,PELITA POS.com— Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi menyerukan perlunya untuk membetulkan apa yang ia sebut "konsep yang keliru" tentang Islam. Abdel Fattah al-Sisi mengulangi seruan serupa yang dikeluarkan oleh ulama besar al-Azhar.

Pernyataan ini ia sampaikan pada Selasa (24/2/2015) ketika berbicara tentang gangguan stabilitas di kawasan Timur Tengah dengan para pejabat Liga Arab.

Menurut juru bicaranya, Presiden Al-Sisi berpendapat bahwa kekuatan senjata saja tidak cukup untuk memerangi ekstremisme. Perlu juga koreksi tentang diskursus keagamaan. Demikian kata Presiden Al-Sisi.

Pernyataan ini mengulangi seruan serupa yang disampaikan Syekh Ahmed al-Tayib, ulama besar Universitas Al-Azhar, Kairo, salah satu pusat kajian Islam Sunni paling prestisius di dunia, yang pada hari Minggu menyerukan perubahan besar-besaran pengajaran agama untuk menangkal ekstremisme.

Al-Tayib mengatakan, terorisme terkait dengan interpretasi yang salah atas Al Quran dan ajaran Nabi Muhammad.

Pemahaman yang keliru ini, menurut dia, kemudian memunculkan pandangan Islam yang tidak toleran.

Ia mengutuk terorisme dan mengatakan bahwa satu-satunya cara bagi kaum Muslim untuk bisa kembali bersatu adalah dengan tidak lagi menyebut sesama Muslim sebagai orang-orang kafir.

Pemahaman ini, kata Al-Tayeb, harus disebarkan melalui jalur pendidikan formal, seperti sekolah dan perguruan tinggi.

(kmps/pp)

Topan Hagupit Hantam Filipina

alt

Pelitapos - Legaspi. Topan Hagupit akhirnya tiba di Filipina dan menghantam bagian tengah pada Sabtu malam, 6 Desember 2014. Insiden itu terjadi di tepi pantai Pulau Samar sebelum pukul 22.00 waktu setempat dengan angin berhembus dengan kecepatan 205 kilometer per jam atau setara dengan badai kategori tiga.

Read more:

 

alt

alt